Inilah Cara Mengecek Busi Mobil Mati atau Hidup, Mudah Banget

Jum'at, 10 Juni 2022 - 17:41 WIB
loading...
Inilah Cara Mengecek Busi Mobil Mati atau Hidup, Mudah Banget
Bagi pemilik kendaraan tentunya harus memahami cara mengecek busi mobil mati atau hidup. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pemilik kendaraan tentunya harus memahami cara mengecek busi mobil mati atau hidup. Dengan begitu, kinerja mesin mobil dapat berjalan optimal.

Busi adalah komponen yang penting pada mobil. Bila busi mengalami masalah, kinerja mesin akan terganggu, bahkan dapat kehilangan tenaga dalam kondisi tertentu.
Baca juga : Perbedaan Busi Mobil Iridium, Platium,dan Biasa

Berikut cara mengecek busi mobil mati atau hidup seperti dilansir Auto2000 :

- Pertama buka mesin
- Nyalakan mesin, jika memungkinkan naikan RPM atau setel gas.
- Cabut satu persatu kabel busi (tetap waspada jika ada kebocoran kabel busi karena setrum listriknya lumayan mengagetkan). Karena itu lebih baik gunakan sarung tangan.
- Perhatikanlah saat pencabutan kabel busi. Kalau busi itu normal maka RPM mesin bisa berubah sedangkan busi yang bermasalah tidak berefek pada perubahan RPM. Jika ada perubahan, RPM akan berubah hanya sedikit saja.
- Bandingkanlah busi yang telah dicabut dengan busi lainnya untuk mengetes kenormalan.
- Jika busi tersebut terindikasi mati, cobalah untuk membersihkan atau bahkan menggantinya. Lebih baiknya mengganti busi dan memasang busi yang normal (tidak harus baru).
- Jika busi sudah diganti namun hasilnya tetap sama yaitu mesin tak mau menyala, sebaiknya ganti kabel busi. Namun, jika busi masih terindikasi mati setelah ganti kabel, maka dapat dipastikan kalau kabel busi bermasalah atau putus. Mau tidak mau Anda wajib menggantinya guna menyelesaikan masalah busi mati tersebut.

Setelah memahami cara mengecek busi mobil mati atau hidup, kenali ciri ciri busi yang sudah memasuki masa usangnya :
Baca juga : Alasan Mengapa Busi Mobil Harus Diganti Secara Berkala

- Berwarna usang atau coklat
Warna kemerah merahan atau kekuning kuningan. Ini berarti ada hawa panas pada mesin secara berlebihan. Biasanya, masalah ini timbul karena pendingin mesin bermasalah juga.

- Terjadi kerak atau gosong
Bila terjadi hal seperti itu mengindikasikan adanya kesalahan yang terjadi pada bagian pengaturan bahan bakar. Maka dari itu, diperlukan pengecekan peranti kelistrikan dan aliran bensin.

- Busi meleleh
Busi yang meleleh menggambarkan kondisi elektroda yang meleleh atau gosong sebagai akibat dari kebocoran mesin atau masalah kompresi yang mana sebagian oli turut terbakar pula pada mesin.

- Kerak di kepala busi
Indikasi ini menunjukkan pengaturan bahan bakar buruk yang berakibat pada kebocoran pada bagian sill klep. Alhasil, busi pun kemasukan oli tersebut.

- Busi basah
Busi basah berasal dari sisa-sisa pelumas yang menempel pada kepala busi dan elektroda. Oleh karena itu, periksalah ritme atau timing pengapian. Selain itu perbaiki juga bahan bakar.

Itulah cara cara mengecek busi mobil mati atau hidup yang bisa dilakukan. Dengan mengetahui komponen mobil sendiri tentunya akan memudahkan dalam melakukan perbaikan tanpa harus keluar biaya untuk hal yang sepele dan bisa dilakukan sendiri.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5440 seconds (0.1#10.140)