Ciri-ciri Water Pump Mobil Rusak yang Sering Ditemukan

Selasa, 14 Juni 2022 - 13:50 WIB
loading...
Ciri-ciri Water Pump Mobil Rusak yang Sering Ditemukan
Ciri-ciri Water Pump Mobil Rusak yang Sering Ditemukan. FOTO/ Grimmer
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri water pump mobil rusak sering ditemukan pada kendaraan berusia tua. Salah satu ciri yang menandakan bahwa water pump mengalami kerusakan adalah adanya bunyi nyaring pada mesin mobil.


Seperti dilansir dari SIS, kerusakan yang terjadi pada water pump tersebut seringkali disebabkan oleh rusaknya bearing. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kerusakan yang terjadi pada water pump adalah dengan melepas tali pada kipas.

Kemudian, Anda putar pompa airnya menggunakan tangan. Jika rasanya seret, tandanya water pump mengalami masalah sehingga menimbulkan bunyi.

1 Kipas Radiator Tidak Berhenti Berputar

Ciri kerusakan water pump selanjutnya adalah ketika kipas radiator yang terus berputar tanpa henti dan Anda mendapati mesin berada pada suhu 96 derajat ke atas. Jika mobil dalam keadaan yang demikian, berarti tandanya water pump mengalami kerusakan.

2. Air Radiator Berhenti Bersirkulasi

Ciri lain yang menandakan bahwa water pump sedang mengalami kerusakan adalah air pada radiator berhenti bersirkulasi. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keadaan tersebut adalah dengan membuka thermostat untuk sementara waktu ketika mesin dalam keadaan idle.

Idle merupakan suatu keadaan di mana mesin kendaraan dalam kondisi bekerja, namun kendaraan tidak dalam keadaan bergerak. Dalam keadaan mesin idle tersebut, coba Anda cek lubang penutup radiatornya. Jika air radiator bersirkulasi, berarti water pump Anda dalam kondisi baik dan sebaliknya.

Seperti contoh, Anda baru saja mengganti water pump dengan yang baru, namun terjadi kerusakan karena antara baling-baling dan as pada water pump tidak terhubung secara kuat. Walaupun, puly pada water pump tersebut bisa berputar dengan baik.

Ciri-ciri water pump mobil rusak yang sering ditemukan di atas adalah ciri awal sebelum pump mobil rusak parah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7970 seconds (0.1#10.140)