Berkat Honda, Kawasaki Jadi Motor Ikonik Film Top Gun

Rabu, 15 Juni 2022 - 10:00 WIB
loading...
Berkat Honda, Kawasaki Jadi Motor Ikonik Film Top Gun
Aksi adu kencang motor Kawasaki yang dikendarai pemeran utama Top Gun jadi salah satu adegan film monumental. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Motor Kawasaki jadi kendaraan yang ikonik di film Top Gun . Keberuntungan itu terjadi karena Honda yang menolak dipinang untuk terlibat di film pertama Top Gun yang diproduksi tahun 1986.

Sayangnya penolakan itu justru jadi berkah buat Kawasaki. Bahkan motor Kawasaki ZX900 yang dikendarai Maverick (Tom Cruise) waktu itu justru jadi adegan yang ikonik. Saat itu motor tersebut adu kencang dengan pesawat jet tempur yang hendak lepas landas.

Saking monumentalnya adegan itu, Tom Cruise bahkan melakukan lagi adegan yang sama. Bedanya motor yang dia kendarai berganti dari Kawasaki ZX900 jadi Kawasaki H-2 Carbon. Beda, tapi sama-sama keren dan bertenaga.

Namun di balik monumentalnya adegan itu ternyata ada sedikit cerita unik dan miris. Terutama buat pabrikan motor asal Jepang lainnya, Honda.



Berkat Honda, Kawasaki Jadi Motor Ikonik Film Top Gun


Situs Hotcars menyebutkan sejatinya produser film Top Gun di tahun 1986, Jerry Bruckheimer justru berupaya meminang Honda. Saat itu mereka ingin Honda menyediakan motor sport bertenaga besar yang akan dikendarai Tom Cruise di film Top Gun.

Sayangnya saat proposal itu datang ke meja Honda, harapan itu justru tidak terkabul. Selidik punya selidik, Honda ternyata cukup bergidik dengan adegan dimana motor itu digunakan.

Mereka kaget motor itu justru akan dikendarai oleh Tom Cruise tanpa mengenakan helm. Lebih parahnya lagi mereka semakin khawatir karena tahu Tom Cruise yang akan mengendarai motor itu langsung.



Saat itu Honda menolak karena memang adegan itu tidak sesuai dengan visi misi Honda. Mereka tidak ingin diasosiasikan sebagai perusahaan otomotif yang membiarkan gaya berkendara tidak aman.

Penolakan itu memang dipahami oleh Jerry Bruckheimer. Dia sendiri langsung mengalihkan tawaran tersebut ke Kawasaki. Tawaran itu justru langsung diterima dan akhirnya seperti yang terjadi saat ini adegan Tom Cruise mengendarai motor Kawasaki jadi salah satu adegan yang monumental di dunia film.

Disebutkan Hotcars permintaan untuk tidak mengenakan helm saat mengendarai motor itu merupakan permintaan Tom Cruise. Dia bahkan hingga kini tidak pernah mengenakan helm saat mengendarai motor di berbagai film yang dilakoni.

Misalnya saat di semua film Mission Impossible, Days of Thunder, Knight and Day, Edge of Tomorrow hingga Oblivion.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)