Peneliti Australia Temukan Fosil Kanguru Bergigi Unik di Papua

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:48 WIB
loading...
Peneliti Australia Temukan Fosil Kanguru Bergigi Unik di Papua
Ilmuwan Australia Isaac Kerr dari Flinders Universitas menunjukkan fosil kanguru primitif. Foto/Flinders University/abc.net.au
A A A
PERTH - Kanguru primitif yang diklasifikasikan sebagai spesies baru ditemukan di dataran tinggi terpencil Papua Nugini . Setelah dianalisis ulang fosil tulang rahang dan gigi keturunan dari genus primitif yang bermigrasi dari Australia ke Papua Nugini antara 5 dan 8 juta tahun yang lalu.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan Transactions of the Royal Society of South Australia, spesies kanguru yang sudah punah ini diidentifikasi sebagai penjelajah hutan hujan. Berdasarkan beberapa fitur yang sangat unik dari gigi dan rahang, para peneliti mengusulkan spesies kanguru ini sebagai Nombe nombe, sesuai tempat ditemukan fosil di perlindungan batu Nombe, Provinsi Simbu Papua Nugini.

“Dalam kasus Nombe, mereka memiliki lofis melengkung yang lucu atau puncak pada geraham, yang menunjukkan bahwa mereka melakukan sesuatu yang sangat berbeda dari apa yang dilakukan Protemnodon. Ada [fitur] yang tidak Anda dapatkan di kanguru abu-abu dan merah,” kata Isaac Kerr dari Flinders Universitas dikutip SINDOnews dari laman abc.net, Rabu (29/6/2022).



Fosil-fosil itu awalnya ditemukan dalam sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh arkeolog Gunung Mary-Jane pada 1970-an. Mereka kemudian diklasifikasikan pada tahun 1983, oleh paleontolog dan mahasiswa PhD pada saat itu Tim Flannery, sebagai milik spesies dalam genus Protemnodon.

Protemnodon adalah genus megafauna punah yang hidup di Australia dan New Guinea. Spesies terakhir dalam genus ini diperkirakan telah punah di Australia sekitar 42.000 tahun yang lalu, dan merupakan sepupu dari kanguru abu-abu dan merah timur modern.

Tetapi para peneliti dari Flinders University mengklasifikasi ulang fosil itu sebagai genus baru kanguru. Penetapan itu setelah dilakukan analisis dengan pemindaian 3D terhadap tulang rahang dan gigi disimpan di Museum dan Galeri Seni Nasional Papua Nugini.


Peneliti Australia Temukan Fosil Kanguru Bergigi Unik di Papua


Menurut manajer kelompok vertebrata darat Museum Australia, Mark Eldridge, kanguru berasal dari Australia, dan diperkirakan telah pindah ke Papua Nugini ketika daratan masih bergabung, sebelum dipisahkan Selat Torres.

“Pusat kanguru adalah Australia, fosil tertua semua berasal dari Australia, dan keragaman terbesar kanguru masih di Australia. Saat benua bergerak ke utara dan Papua Nugini terdorong ke atas sebagai daratan, banyak fauna di Australia menyebar ke Papua Nugini,” kata Dr Eldridge.

Fosil Nombe nombe terbaru yang ditemukan menunjukkan bahwa spesies tersebut bertahan di dataran tinggi Papua Nugini hingga setidaknya 20.000 tahun yang lalu. Spesies ini diperkirakan telah tumbuh antara 40 dan 50 kilogram.

“Dia memiliki rahang yang cukup aneh, berotot, kuat, dan gigi yang cukup unik. Mungkin melompat, tapi tidak terlalu efisien,” ujar Kerr.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)