Ini Daftar Mobil yang Cocok Pakai Pertalite Berdasarkan Kompresi Mesin

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:00 WIB
loading...
Ini Daftar Mobil yang Cocok Pakai Pertalite Berdasarkan Kompresi Mesin
Daftar mobil yang cocok pakai pertalite disesuaikan dengan kompresi mesin mobil tersebut. Foto/DOK. Pertamina
A A A
JAKARTA - Daftar mobil yang cocok pakai pertalite harus diselaraskan dengan kompresi mesin. Jadi tidak semua mobil layak tenggak pertalite.

Saat ini Pertalite memiliki Research Octane Number (RON) 90. Angka tersebut menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang mesin.

Penggunaan bahan bakar yang sesuai rekomendasi, maka pembakaran yang terjadi di ruang mesin pun akan lebih sempurna. Selain itu berpengaruh juga terhadap keawetan komponen mesin kendaraan.

Nah, RON 90 yang dimiliki oleh Pertalite tentu akan sangat bermanfaat jika diberikan ke mobil yang memang sesuai. Terutama sesuai dengan kompresi mesin.

Mobil-mobil yang cocok pakai Pertalite diketahui adalah mobil yang memiliki mesin kompresi 9-10. Sebaliknya kendaraan dengan rasio 10-11 cocok mengkonsumsi BBM Pertamax atau RON 92. Sementara itu, kendaraan dengan rasio kompresi 11-12 pakai RON 95. Jika tidak sesuai, maka mobil Anda akan mengalami penurunan performa seperti tarikan mesin lebih lambat, bahan bakar lebih boros, dan nglitik pada mesin.



Untuk mengetahui kompresi mesin mobil Anda dapat dilakukan dengan melihat buku manual yang diberikan penjual mobil atau dealer mobil. Nah dari buku tersebut Anda bisa mengetahui apakah mobil Anda layak menenggak Pertalite atau tidak.

Selain buku, Anda juga bisa memanfaatkan informasi spesifikasi dari situs-situs resmi distributor mobil di Indonesia.

Berikut ini beberapa yang cocok pakai Pertalite berdasarkan kompresi mesin yang sesuai. Yuk, cermati:

1. Honda Mobilio
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0790 seconds (0.1#10.140)