Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Minyak Rem Mobil

Kamis, 21 Juli 2022 - 08:31 WIB
loading...
Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Minyak Rem Mobil
Waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem mobil kesayangan Anda. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Bagi para pemilik mobil, penting untuk selalu memperhatikan kondisi minyak rem. Pasalnya minyak rem sendiri memiliki peran yang begitu krusial untuk melumasi komponen dari sistem pengereman.

Minyak rem harus dirawat dengan benar untuk menjaga keselamatan selama berkendara. Salah satu perawatan yang tak boleh terlewat adalah melajukan penggantian minyak rem secara berkala.

BACA JUGA - Cara Perawatan Mobil Transmisi Manual dan Matik

Kewajiban mengganti minyak rem ini disebabkan karena dalam minyak rem terdapat zat aditif yang memiliki masa kadaluarsa. Lantas kapan waktu yang tepat untuk ganti minyak rem mobil? Berikut paparannya.

Seperti dilansir dari blog resmi Nissan, Kamis (20/7/2022), secara umum, penggantian minyak rem ini dilakukan pada interval 2 tahun atau pada 40.000 Km pemakaian.

Namun, tergantung minyak rem yang dipakai, kalau minyak remnya bagus, masih tahan hingga 2 tahun pemakaian tanpa masalah. Tapi jika minyak rem murahan, mungkin setahun saja sudah ngempos.

Apabila lebih dari dua tahun, kandungan air pada minyak rem akan semakin banyak. Dalam kurun waktu dua tahun saja sudah sekitar dua hingga tiga persen memiliki kandungan air di dalamnya.

Semakin banyak air, maka titik didihnya juga akan terus menurun. Tentu ini berbahaya apalagi ketika dalam posisi kecepatan tinggi kita mengerem. Minyak rem bisa mendidih nantinya bisa menyebabkan rem blong.

Perlu diketahui bahwa minyak rem sendiri harusnya memiliki titik didih sampai 240—260 derajat celcius. Jika minyak rem tidak diganti dalam waktu lama maka titik didihnya hanya diangka 160 derajat celcius saja.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1087 seconds (10.55#12.26)