Jangan Asal Pasang, Cermati Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan LED Motor

Kamis, 28 Juli 2022 - 15:09 WIB
loading...
Jangan Asal Pasang, Cermati Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan LED Motor
Kelebihan dan kekurangan penggunaan LED motor perlu dipertimbangkan sebelum memasang lampu LED motor. Foto/Phillips.
A A A
JAKARTA - Jangan asal pasang, cermati kelebihan dan kekurangan penggunaan LED motor agar lebih bermanfaat dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika pemilik motor ingin mengganti lampu konvensional dengan lampu LED.

Saat ini lampu LED merupakan komponen motor yang paling banyak ditemukan di berbagai motor baru. Pabrikan motor biasanya sudah melengkapi motor-motor anyar mereka dengan lampu LED.

Berbeda dengan motor-motor lawas yang kebanyakan masih menggunakan lampu bohlam. Untungnya saat ini di pasar after market lampu LED sangat mudah didapatkan. Harganya pun bervariasi tergantung model dan tingkat keterangan lampu LED yang diincar.

Namun, sekali lagi jangan asal pasang. Terlebih dulu pemilik motor harus mencermati kelebihan dan kekurangan penggunaan LED motor. Yuk, cermati di bawah ini.

Baca juga : Ini Harga dan Spesifikasi Rakata NX3 dan NX8 yang Bikin Geger PEVS 2022

1. Kelebihan Penggunaan LED Motor
Jangan Asal Pasang, Cermati Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan LED Motor


- Awet

Lampu LED terkenal akan keawetannya. Hal itu disebabkan karena daya yang dibutuhkan oleh lampu cenderung kecil. Jika biasanya Anda menggunakan lampu bohlam dan harus sering ganti, kini tidak lagi.

- Tidak Butuh Banyak Perawatan

Pencahayaan yang diberikan lampu LED sangat baik dan memadai. Apalagi jika digunakan di malam hari. Hal itu membuat lampu LED tidak membutuhkan banyak perawatan.

- Pencahayaan yang Lebih Terang dan Fokus

Lampu LED akan memberikan sorotan sinar yang lebih terang. Cahaya yang dihasilkan bahkan bisa menyorot lebih jauh ke arah jalanan. Penyebabnya adalah adanya arus DC atau direct current yang dihasilkan lampu jadi lebih stabil.

- Efisiensi Energi yang Lebih Tinggi

Daya yang digunakan untuk menyalakan lampu LED tidak terlalu besar sehingga lebih efisien. Sebagai contoh lampu LED hanya perlu 11 - 14 volt saja yang bisa dinyalakan selama 20 ribu jam.

Berbeda dengan lampu bohlam yang perlu daya sebesar 35 watt untuk menyalakan lampu selama 500 jam. Perbandingan yang sangat jauh jika ingin menghemat daya.

2. Kekurangan Lampu LED
Jangan Asal Pasang, Cermati Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan LED Motor


- Harga Mahal

Saat ini lampu LED banyak dijual di pasar after market. Hanya saja harganya bervariasi dan cukup mahal jika dibandingkan dengan lampu bohlam.

Anda juga perlu berhati-hati dengan lampu LED yang tidak sesuai spesifikasi. Pasalnya penerangan yang diberikan bisa jadi tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada.

Baca juga : Angka Kecanduan Seks di Israel Meningkat Drastis 34 Persen, Bikin Rugi Pemerintah Rp31,1 Triliun

- Sulit Dideteksi Jika Mati

Lampu LED sangat sulit dideteksi jika memang habis masa penggunaannya atau kadaluwarsa. Termasuk ketika mengalami kerusakan. Hal itu terjadi karena faktor keawetan lampu LED yang cukup tinggi. Alhasil pemilik motor jarang mudah mengetahui kalau lampu LED motornya mati.

- Tidak Ideal di Jalanan Berkabut

Lampu LED memang tidak begitu baik saat dihadapkan dengan kondisi jalan berkabut atau hujan. Pancaran sinar cenderung kalah dengan lingkungan sekitarnya.

Lampu LED yang umumnya berwarna putih akan memantul jika di hadapkan dengan kondisi jalan tersebut. Cahayanya tidak bisa tembus.

- Panas di Bagian Dalam

Kekurangan lampu LED pada motor yang jarang diketahui lainnya adalah panas di bagian dalam. Pada lampu bohlam biasanya bagian yang panas ada di bagian kaca yang melindungi kawat.

Sedangkan lampu LED yang lebih panas akan ada di bagian mesin atau dekat dengan kabel.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2338 seconds (11.97#12.26)