Tips Berkendara Motor Melewati Jalan Rusak dan Berlubang

Senin, 01 Agustus 2022 - 18:05 WIB
loading...
Tips Berkendara Motor Melewati Jalan Rusak dan Berlubang
Berkendara motor melewati jalanan rusak dan berlubang memberikan tantangan tersendiri. Foto: dok Yamaha
A A A
JAKARTA - Berkendara menggunakan sepeda motor melewati jalan rusak dan berlubang bisa berbahaya. Karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana berkendara yang aman.

Untuk itu, dalam berkendara harus lebih berhati-hati. Sehingga tidak membahayakan pengendara sendiri atau pengendara lainnya.

Karena itu, ada baiknya untuk menerapkan cara berkendara yang tepat. Berikut adalah tipsnya:

1. Hindari Mengerem Mendadak
Akselerasi mendadak membuat ban mudah selip melewati permukaan jalan yang licin. Pada kondisi jalan seperti ini, ban depan dan ban belakang lebih gampang mengunci dan selip. Akibatnya, pengendara motor bisa terjatuh. Selain itu berpotensi sliding sehingga keseimbangan pengendara berkurang dan bisa terjatuh.

2. Kurangi kecepatan
Lakukan pengereman sebelum melewati lubang atau jalan rusak. Usahakan gunakan kecepatan yang konstan saat melewati jalan rusak, dan menambah kecepatan setelah melewati jalan rusak.

3. Posisi Tubuh Aman
Jika diperlukan, saat melewati jalan rusak atau berlubang, posisi tubuh pengendara sedikit diangkat agar keseimbangan terjaga lebih baik.

4. Cara Pegang Stang
Pegang stang dengan kedua tangan dengan kuat, tapi rileks agar lebih mudah mengendalikan saat kondisi stang bergoyang ketika melewati jalan rusak.

5. Selalu Fokus
Jangan bermain handphone atau ngobrol dengan pengendara lain atau orang yang dibonceng, hal ini dapat menyebabkan konsentrasi berkendara berkurang.



6. Cari Rute Lain
Jika ada jalan alternatif yang tidak rusak, disarankan untuk melewati jalan tersebut untuk pergi ke tujuan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)