Sama-sama Merawat Mobil, Ini Bedanya Montir dan Mekanik

Selasa, 02 Agustus 2022 - 10:54 WIB
loading...
Sama-sama Merawat Mobil, Ini Bedanya Montir dan Mekanik
Perbedaan montir dan mekanik ternyata berpusat pada cakupan kerja perawatan mobil. Foto/DOK, MMKSI
A A A
JAKARTA - Montir dan mekanik ternyata memiliki perbedaan yang cukup krusial meski sama-sama bertugas merawat mobil. Penyebutan kedua profesi itu bahkan sering dilakukan tanpa memahami fungsi dari kedua profesi itu sendiri.

Pasalnya montir dan mekanik memang memiliki lingkup kerja yang berbeda. Hanya saja banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Jadinya setiap kali berurusan dengan mobil atau melakukan perawatan di bengkel, mekanik dan montir kerap asal sebut.

"Saat ini memang banyak orang juga sudah pukul rata saja semuanya sama. Baik itu mekanik maupun montir," ujar Ryadi, mekanik dari Gumilang Motor yang ada di Sentra Otomotif Harapan Indah, Bekasi.

Padahal montir dan mekanik memang sangat berbeda. Perbedaan yang mencolok antara montir dan mekanik bengkel adalah jangkauan pekerjaannya. Montir biasanya bertugas memperbaiki, mengecek, dan memasang bagian-bagian mobil secara umum. Sedangkan, mekanik punya tanggung jawab untuk mengecek kondisi kendaraan secara keseluruhan.



Sama-sama Merawat Mobil, Ini Bedanya Montir dan Mekanik


Sederhananya, montir bertanggung jawab memperbaiki dan memasang bagian kendaraan, sedangkan mekanik adalah ahli yang mendalami mesin kendaraan. Jadi, jika terjadi kerusakan yang serius, kendaraan Anda harus ditangani oleh mekanik. Karena peran mekanik adalah memperbaiki kendaraan khususnya pada karburator, radiator, atau kompresor.

Nah agar lebih jelasnya lagi, perlu memahami pengertian mendasar dari mekanik dan montir serta cakupan tugasnya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) montir adalah orang yang pekerjaannya memasang, memperbaik mesin kendaraan bermotor, dan sebagainya yang rusak.

Diketahuimontir memiliki tugas sebagai petugas yang memperbaiki kerusakan dan menjaga kualitas performa permesinan pada kendaraan bermotor.

Adapun tugas lengkap montir di antaranya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2462 seconds (0.1#10.140)