Tips Cegah Ular Masuk Motor

Kamis, 04 Agustus 2022 - 11:08 WIB
loading...
Tips Cegah Ular Masuk Motor
Bagian yang biasa menjadi sarang tikus dan ular, adalah dashboard, kap motor, dan mesin motor. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sepeda motor yang jarang dibersihkan atau dibiarkan terlalu lama di garasi atau dalam rumah, bisa jadi sarang binatang kecil dan melata, seperti tikus dan ular. Bagian yang biasa menjadi sarang tikus dan ular , adalah dashboard, kap motor, dan mesin motor.

Untuk itu, bagian motor itu harus diperhatikan kebersihan dan perawatannya. Diketahui tikus dan ular menyukai tempat kering dan hangat. Apalagi ular termasuk hewan berdarah dingin dan tidak bisa menghasilkan panas sendiri.

Ada beberapa tips untuk mencegah hewan berdarah dingin seperti ular tidak masuk ke motor.

1. Menyalakan mesin motor setidaknya sehari sekitar tiga hingga empat kali. Tujuannya menjaga kelancaran sirkulasi pada oli mesin serta untuk melakukan pengisian baterai. Sebaiknya menyalakan motor atau memanaskan mesin, di ruang terbuka.

Baca juga; Viral! Video Ular Muncul di Sepeda Motor Gadis Ini

2. Jika motor tersebut sudah tidak digunakan sangat lama, lebih baik terlebih dahulu dicuci agar bersih. Barangkali, sebelumnya pernah mengendarai di area kotor bahkan berlumpur. Hal itu juga agar memperlambat proses munculnya karat.

3. Cek kembali motor, terutama pada bagian cover plastic motor, dashboard atau bagian lain yang biasanya terdapat rongga yang menjadi tempat persembunyian ular maupun hewan lain.

Baca juga; 9 Jenis Ular Paling Berbahaya di Dunia

4. Motor ditempatkan di area yang tidak rawan ular. Pastikan terlebih dahulu terlebih jika sedang musim hujan dan lakukan perawatan rutin pada motor.

MG/Frida Alawiyah
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2371 seconds (11.97#12.26)