Cara Atasi Sekring Mobil Putus

Senin, 08 Agustus 2022 - 18:16 WIB
loading...
Cara Atasi Sekring Mobil Putus
Sekring yang putus harus diwaspadai dan kalau bisa segera diganti karena bisa korsleting, yang mana akan sangat membahayakan mobil. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Sekring pada mobil memiliki fungsi yang sangat krusial mengingat beberapa komponen mobil membutuhkan daya listrik. Sekring berfungsi untuk mencegah terjadinya arus listrik pendek (short circuit).

Seiring pemakaiannya, sekring tentu bisa putus. Sekring yang putus harus diwaspadai dan kalau bisa segera diganti karena bisa korsleting, yang mana akan sangat membahayakan mobil.

BACA JUGA - Sekring Motor, Bentuk dan Fungsi yang Perlu Anda Pahami

Melansir dari blog Auto2000, Senin (8/8/202), sekring mobil sendiri sebenarnya merupakan komponen yang rentan putus. Untuk meminimalisir hal ini, maka pemilihannya harus dilakukan dengan tepat.

Biasanya sekring putus juga diakibatkan karena tidak sesuai dengan komponen mobilnya. Untuk itu, pilihlah sekring mobil dengan ukuran dimensi dan ampere yang sesuai dengan standar bawaan.

Dimensi yang tidak cocok bisa menyebabkan kelonggaran pada sekring. Dan ini tidak boleh dibiarkan, sebab bisa berujung pada sekring yang mudah panas dan meleleh.

Dimensi sekring tidak boleh lebih atau kurang beberapa milimeter pun, karena bisa menyebabkan kelonggaran. Kapasitas ampere juga harus diperhatikan agar sistem kelistrikan di dalam mobil tetap stabil.

Jangan pernah memilih sekring yang kapasitas amperenya jauh dari ketentuan. Misalnya, hindari menggunakan sekring 25 ampere, padahal biasanya hanya menggunakan sekring 7.5 ampere.

Untuk memperbaiki sekring putus pada mobil yang paling aman adalah dengan membawanya ke bengkel. Masalah sekring putus akan langsung ditangani oleh teknisi yang sudah berpengalaman.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1728 seconds (10.55#12.26)