Dibekali Mesin Hybrid, Ini Spesifikasi Honda CR-V e-HEV dan Accord e-HEV

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 08:33 WIB
loading...
Dibekali Mesin Hybrid, Ini Spesifikasi Honda CR-V e-HEV dan Accord e-HEV
Elektrifikasi menjadi salah satu fokus utama Honda di GIIAS 2022. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Dua mobil warna hitam dipamerkan di panggung utama booth PT Honda Prospect Motor (HPM) yang berlokasi di Hall 2A, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Kedua mobil itu tidak asing. Yakni, Honda Accord dan Honda CR-V . Tapi, alasan mengapa kedua mobil yang sudah populer di Indonesia itu jadi sorotan utama adalah mesin dan powertrain yang tersimpan di dalamnya sangat berbeda.

Honda Accord dan Honda CR-V menggunakan teknologi e-HEV . e-HEV adalah teknologi hybrid dari Honda. ”Teknologi hybrid Honda bagus sekali. Strong hybrid,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy.

Dibekali Mesin Hybrid, Ini Spesifikasi Honda CR-V e-HEV dan Accord e-HEV

Komponen kunci dari powertrain CR-V e-HEV dan Accord e-HEV adalah mesin bensin, dua motor listrik, dan baterai. Mesin akan terhubung ke motor generator listrik, menggerakkan motor penggerak atau motor traksi untuk menggerakkan roda.

Baterai yang digunakan memang tidak sebesar mobil listrik murni. Tapi, memiliki kapasitas tegangan tinggi. Baterai itu terhubung ke generator dan motor traksi.

Dalam sistem hybrid e-HEV Honda, mesin tidak terhubung secara mekanis ke roda. Sebaliknya, digunakan untuk menyalakan motor generator. Motor generator mengubah energi dari mesin bensin menjadi listrik yang menggerakkan motor traksi lantas menjalankan roda depan.

Baterai diisi oleh kelebihan listrik dari motor generator lewat pengereman regeneratif. Sistem juga memungkinkan mobil berjalan dalam mode EV murni dan mode khusus mesin selain mode hybrid.

Dibekali Mesin Hybrid, Ini Spesifikasi Honda CR-V e-HEV dan Accord e-HEV

Honda Accord e-HEV.

Dengan cara ini, New Honda Accord e-HEV dan New Honda CR-V e-HEV diklaim memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik, emisi lebih bersih, namun tetap memiliki performa sporty yang jadi ciri khas mobil Honda.

Menurut Billy, New Honda Accord e-HEV didatangkan langsung dari Thailand. Sementara New Honda CR-V e-HEV diboyong langsung dari Jepang. ”Kedua mobil ini hanya sebagai show off. Belum tentu akan kami bawa ke Indonesia. Ini hanya menunjukkan teknologi hybrid Honda saja. Kami menganggap hybrid sebagai jembatannya,” ujar Billy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)