Ternyata Ini Alasan Honda Masuk ke Segmen Small SUV lewat SUV RS Concept

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 14:39 WIB
loading...
Ternyata Ini Alasan Honda Masuk ke Segmen Small SUV lewat SUV RS Concept
Honda SUV RS Concept yang dipamerkan di sebuah boks tertutup di GIIAS 2022. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Melalui SUV RS Concept , Honda masuk ke pasar yang benar-benar baru. Yakni, pasar small SUV yang sudah terlebih dulu dihuni oleh duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, tren Sport Utility Vehicle (SUV) memang terus mengalami meningkat.

”Baik itu small SUV, low SUV, hingga compact SUV. Tahun lalu total pasar SUV mencapai 26 persen, lebih tinggi dari MPV yang 23 persen. Honda belum ada model di small SUV. Karena itu kami ingin mengisi segmen tersebut,” ungkap Billy.

Sejauh ini, segmen SUV di Honda sendiri cukup kokoh. Ada All Honda BR-V di segmen Low SUV, All New Honda HR-V di segmen medium SUV, dan Honda CR-V di segmen SUV.

Secara total, penjualan akumulatif dari ketiga produk SUV tersebut berkontribusi sebesar 53% terhadap total penjualan Honda sampai Juli 2022. Kehadiran SUV RS Concept jelas akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pangsa pasar Honda di Indonesia. Bahkan, pada 2023 mendatang mayoritas kendaraan Honda akan disumbangkan oleh SUV.

Adapun di pasar otomotif nasional, tren penjualan SUV terus meningkat. Bahkan pada 2021 telah melampaui penjualan LCGC dan MPV.

Kontribusi penjualan SUV di pasar otomotif juga terus meningkat, sementara pasar MPV dan LCGC cenderung stagnan. Bahkan hingga Juli 2022 lalu, segmen SUV telah menjadi segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia.

Pertumbuhan segmen SUV di Indonesia salah satunya dipicu oleh pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah di Indonesia, yang mendorong terciptanya pasar otomotif baru dimana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi sekitar serta kebutuhan mereka.

Model SUV dianggap memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia saat ini antara lain karena menawarkan kelebihan seperti Ground Clearance yang lebih tinggi, mesin yang lebih bertenaga, kabin yang lebih nyaman, teknologi keamanan yang lebih canggih.



Tak hanya itu, Honda juga menangkap keinginan dari konsumen akan sebuah model SUV yang unik, sesuai dengan karakter mereka yang berbeda-beda. Karena itu, Honda menciptakan karakter SUV yang berbeda untuk segmen yang berbeda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3537 seconds (0.1#10.140)