8 Fakta Unik Honda Brio, Mobil Nasionalis Kebanggaan Indonesia

Kamis, 25 Agustus 2022 - 12:05 WIB
loading...
8 Fakta Unik Honda Brio, Mobil Nasionalis Kebanggaan Indonesia
Honda Brio diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia, menjadi salah satu mobil terpopuler. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Resmi berusia 10 tahun di pasar Indonesia, Honda Brio memiliki dampak luar biasa terhadap perkembangan industri otomotif lokal. Hingga saat ini, mobil tersebut terus menjadi tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM).

Sejak awal, Honda Brio dikenalkan sebagai city car yang menawarkan performa lebih baik dibandingkan kompetitor, keamanan lebih baik, juga pengendalian lebih baik.

Brio diterima sangat baik oleh konsumen Indonesia, dianggap sebagai mobil yang sangat ”lengkap”. Terutama bagi keluarga muda ataupun pembeli mobil pertama.

Nah, berikut adalah 8 fakta unik terkait Honda Brio selama 10 tahun di Indonesia:

1. Brio Satyadengan Logo Bunga Melati
8 Fakta Unik Honda Brio, Mobil Nasionalis Kebanggaan Indonesia

Pada 2013, Honda mengenalkan model LCGC Brio Satya dengan harga terjangkau. Uniknya, di bagian belakang, mobil tersebut memakai logo bunga melati. Logo Brio Satya diambil dari bentuk bunga melati yang merupakan salah satu bunga nasional di Indonesia. Satya sendiri berasal dari bahasa Sanskerta (Sanskrit) yang artinya jujur, tulus, dan setia.

2. Platform untuk Mengembangkan Model Lain
Kesuksesan Honda Brio memungkinkan Honda mengembangkan model-model lain yang khusus dirancang untuk konsumen di Indonesia. Antara lain Honda Mobilio (2014) hingga Honda BR-V gen 1 (2016) dan BR-V gen 2 (2022).

3. Lebih dari 65 Penghargaan
Honda Brio berhasil mengumpulkan total sebanyak 55 penghargaan bergengsi di Indonesia mulai best LCGC, best city car, best fuel consumption, pilihan pembaca, hingga Car of the Year.

4. Punya 10.000 Anggota Komunitas
8 Fakta Unik Honda Brio, Mobil Nasionalis Kebanggaan Indonesia

Hingga saat ini, lebih dari 10.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia melalui wadah komunitas Honda Brio yang dibentuk oleh pengguna/konsumennya sendiri. Diantaranya adalah Honda Brio Community (HBC), Honda Brio Club Indonesia (HBCI), Brionesia, ANBRIO dan masih banyak lagi.

5. Ekspor ke Luar Negeri
Honda Brio tidak hanya digemari di pasar domestik. Tapi, juga juga telah diekspor ke luar negeri. HPM memulai ekspor perdana Honda Brio ke Filipina dan Vietnam pada April 2019 dengan total ekspor mencapai 22.260 unit.

6. Indonesia Satu-Satunya Negara Produksi Brio
8 Fakta Unik Honda Brio, Mobil Nasionalis Kebanggaan Indonesia

Selain itu, hingga saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memproduksi Honda Brio. ”Honda Brio dan BR-V menjadi satu-satunya mobil iproduksi di Indonesia. Tapi, diekspor juga ke negara lain. Buat kami ini sangat membanggakan ya,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1569 seconds (10.101#12.26)