5 Jenis Ban Mobil yang Digunakan di F1 Tergantung Setting Mesin dan Cuaca

Selasa, 06 September 2022 - 13:58 WIB
loading...
5 Jenis Ban Mobil yang Digunakan di F1 Tergantung Setting Mesin dan Cuaca
5 Jenis Ban Mobil yang Digunakan di F1. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Jenis ban mobil yang digunakan di F1 beragam jenisnya, tiap-tiap time akan menggunakan jenis ban yang berbeda tergantung settingan mesin dan cuaca yang terjadi saat race balap Formula 1.

Siapa sih dari kalian yang tidak mengetahui ajang balap mobil tercepat di dunia F1?, Pastinya kalian sudah tidak asing kan mendengar ajang balap dunia F1 dan balap mobil F1 disebut sebut sebagai jet darat karena kecepatannya.

BACA JUGA - Sayonara, Honda Tinggalkan Formula 1

Bagaimana tidak, rata - rata mobil F1 melaju dengan kecepatan 300 km/jam.Kecepatan ini sungguh luar biasa, bagaimana tidak karena mobil balap dan juga ban mobil dalam ajang balap dunia F1 ini dibuat khusus untuk ajang F1.

Salah satunya adalah Ban mobil dalam ajang F1 ini dibuat secara khusus oleh Pirelli yang merupakan perusahaan pemasok sejak 2011. Ketika perusahaan Pirelli ditunjuk untuk bisa memproduksi ban mobil dalam F1, perusahaan tersebut diminta untuk dengan sengaja merancang ban selama masa balapan dan Pirelli telah memiliki perjanjian eksklusif dengan F1 yang memungkinkan mereka menjadi pemasok tunggal dan resmi ban F1.

Ajang balap mobil F1 sengaja meminta perusahaan Pirelli membuat ban khusus dikarenakan Ban F1 memiliki desain yang sangat kompleks. Pasalnya ban F1 harus terbuat dari campuran karet sintetis, karet alam, dan serat lainnya. Setiap senyawa yang ditambahkan menawarkan karakteristik kinerja yang berbeda.

Adapun 5 jenis ban mobil yang digunakan dalam ajang balap F, yaitu:

Basah - Biru Muda Menengah - Hijau Ultra – Lembut - Ungu

Sejak 2016 Pirelli sudah mulai memasok ban slick compound ke-5 tambahan, demi meningkatkan penawaran dari 4 menjadi 5 kompon cuaca kering: Ultra Soft (Baris ungu) hanya akan diizinkan di sirkuit jalanan.

1. Supersoft – Red
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0995 seconds (10.177#12.26)