Simak Perbandingan Lampu Projektor LED dan HID

Rabu, 14 September 2022 - 19:24 WIB
loading...
Simak Perbandingan Lampu Projektor LED dan HID
Biasanya, lampu Projector digunakan pecinta otomotif dalam memodifikasi kendaraannya. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Biasanya, lampu Projector digunakan pecinta otomotif dalam memodifikasi kendaraannya. Adapun tujuannya sendiri adalah memperbaiki lampu bawaan yang dianggap kurang baik, khususnya dalam memberikan cahaya penerangan.

Pada perkembangannya, penggunaan lampu projektor menjadi salah satu bentuk modifikasi kendaraan yang sering dilakukan. Akan tetapi, disamping fungsinya untuk memberikan cahaya lebih, jenis lampu ini tidak boleh asal pasang karena masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri.

Baca juga : Perbedaan dan Plus Minus LED Projector, Laser Projector, dan Lamp Projector

Melihat dari jenisnya, secara umum lampu projector terbagi menjadi dua varian, yakni LED dan HID. Dikutip dari laman Oracle Lighting, LED atau Light Emitting Diode jauh lebih terang dari halogen.

Lampu ini bisa sangat berguna apabila pengendara sering berkendara di malam hari dan melewati jalan yang minim penerangan. Dalam pemberian cahaya, LED ini juga akan langsung memberikan cahaya sesaat setelah dinyalakan.

Sedangkan jenis berikutnya, yaitu HID atau High Intensity Discharge juga lebih terang dari halogen. Selain itu, jika membandingkan dari daya yang dikeluarkan juga lebih sedikit.

Dalam hal ini, ada persamaan dan perbedaan antara jenis lampu projektor LED dan HID. Dari persamaannya, kedua lampu tersebut sangat terang dan melebihi lampu halogen, sehingga bisa memberikan sumber cahaya yang optimal saat malam hari di jalan minim penerangan.

Baca juga : Epson Resmi Luncurkan Lighting Projector LightScene Terbaru

Sedangkan untuk perbedaannya sendiri bisa terlihat dari tegangan panas hingga daya listrik yang digunakan. Jenis projektor LED memanglah memunculkan cahaya terang, namun tegangan panas dari lampu sendiri tidak terlalu kuat.

Selain itu, pada daya listrik yang digunakan sendiri bisa dikatakan cukup hemat. Sehingga secara tidak langsung bisa sedikit menghemat daya listrik serta ramah terhadap aki kendaraan.

Kemudian, pada jenis HID sendiri memiliki pengaturan yang lebih rumit jika dibandingkan dengan LED projektor. Namun, dalam penggunaannya bisa lebih fleksibel karena pengendara bisa menyesuaikan keinginan ataupun kebutuhan.

Selain itu, perbedaan yang tampak antara LED dan HID projektor adalah kecepatan keluarnya cahaya. Sebagian jenis HID membutuhkan waktu beberapa detik untuk bisa mencapai kecerahan penuh, berbeda dengan lampu LED yang bisa langsung memunculkan sorot penuhnya.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1007 seconds (10.55#12.26)