5 Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt yang Harus Diketahui Pengguna Skutik

Senin, 26 September 2022 - 09:17 WIB
loading...
5 Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt yang Harus Diketahui Pengguna Skutik
Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt yang harus diketahui biar tak gagal paham. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan Timing belt dan Fan belt adalah komponen yang wajib diketahui para pengguna motor skutik. Timing Belt dan Fan Belt ialah komponen belt penting yang terdapat pada mesin mobil.

Meskipun Timing belt dan Fan belt merupakan komponen penting, namun nyatanya keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Belt sendiri memiliki peran untuk menyambungkan berbagai elemen mesin agar dapat berputar dengan tepat.

BACA JUGA - Skutik Listrik Buatan Singapura Tampil Futuristik

Untuk mengetahui perbedaan lebih jauh dari kedua belt tersebut, mari cari tahu lebih dulu apa itu Timing belt dan Fan belt.

Timing belt merupakan elemen penting mobil yang memiliki beberapa fungsi penting dalam performa mobil. Elemen ini biasa disebut dengan timing chain dari mobil.

Fungsi dari timing belt adalah sebagai alat pembuka dan penutup otomatis pada mesin mobil. Tidak hanya itu fungsi lainnya dari komponen ini adalah untuk memutar internal mesin dari crankshaft ke camshaft yang akan berputar sesuai dengan perputaran mobil.

Sementara Fan belt adalah lemen berbentuk tali melingkar yang terbuat dari karet khusus berlapis bahan kampas pada bagian sisi seginya. Fungsi dari Fan belt ini untuk mengalihkan tenaga dan gerakan kutub dari komponen seperti AC, alternator, water pump, kompresor dan lainnya.

Masih terdapat banyak perbedaan lagi dari dua komponen penting mobil ini. Berikut 5 perbedaan pada Timing belt dan Fan belt.

1. Fungsi Timing Belt dan Fan Belt

Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa fungsi dari timing belt adalah untuk menjaga crankshaft dan camshaft agar tetap terhubung ketika secara bersamaan harus bekerja sesuai waktu ketika katup mobil membuka dan menutup. Sementara pada fan belt adalah sebagai penghubung untuk crankshaft dengan komponen-komponen yang berada di luar mesin mobil.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1677 seconds (11.252#12.26)