Beda Harga Rp300, Pertamina Dex vs Dexlite Mana yang Lebih Unggul?

Senin, 03 Oktober 2022 - 11:35 WIB
loading...
Beda Harga Rp300, Pertamina Dex vs Dexlite Mana yang Lebih Unggul?
Banyak pemilik mobil bermesin diesel kebingungan saat memilih Pertamina Dex dan Dexlite. Foto: dok Pertamina
A A A
JAKARTA - Pertamina Dex dan Dexlite acap dibanding-bandingkan oleh pemilik kendaraan bermesin diesel. Tapi sebenarnya seberapa besar sih perbedaannya?

Perbedaan mendasar Pertamina Dex dan Dexlite adalah kandungan Cetabe Number (CN). Seperti dilansir dari laman MyPertamina, Dexlite memiliki oktan sebesar CN51, sedangkan Pertamina Dex memiliki nilai oktan CN 53.

Sama seperti RON di varian BBM bensin, CN menunjukkan seberapa bagus pembakaran di dalam ruang mesin. Semakin tinggi kadar CN, maka semakin baik juga kualitas dan kinerja mesin yang menggunakan bahan bakar tersebut. Kadar CN dalam bahan bakar tersebut juga dapat membersihkan ruang mesin dari karat dan kerusakan.

“Mesin akan menjadi lebih awet dan bebas karat yang biasanya disebabkan pembakaran tidak sempurna,” kata Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jawa bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Brasto Galih Nugroho.

Selain nilai CN pada Pertamina Dex dan Dexlite, kandungan sulfur juga menentukan seberapa baik kualitas bahan bakar untuk mesin diesel. Semakin rendah sulfur, maka BBM tersebut lebih ramah lingkungan yang membuat mesin dan gas buang menjadi lebih bersih.

Untuk Dexlite memiliki kandungan sulfur maksimal 1.200 part per million (ppm), angka ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan bahan bakar solar biasa. Sementara Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur maksimal 300 part per million (ppm).

Pertamina Dex juga memiliki keunggulan lainnya jika dibandingkan dengan Dexlite, yakni memakai zat tambahan additive.
Zat tersebut diklaim dapat memberikan perlindungan ekstra pada mesin diesel.

Berbeda dengan Dexlite, Pertamina Dex juga sudah mengusung standar Euro 3 sehingga menghasilkan emisi yang ramah lingkungan. Ini juga menandakan bahwa bahan bakar tersebut dapat dijual di Eropa.

Tetapi, Dexlite juga diklaim memiliki Ecosave Technology yang diklaim mampu melindungi mesin dari karat sehingga lebih terlindungi dan tahan lama. Gas emisi yang dihasilkan juga sangat sedikit jika dibandingkan solar biasa.

BACA JUGA: Bawa Pulang Subaru Forester di IMX 2022, Rama Belum Bisa Nyetir Mobil Matic

Bagaimana dengan harganya? Berdasarkan MyPertamina per 1 Oktober 2022, Pertamina Dex dibanderol Rp18.100 per liter sementara Dexlite dipatok Rp17.800 per liter. Bedanya hanya Rp300 saja.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1639 seconds (11.210#12.26)