Mengapa Honda Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik di Amerika?

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 09:33 WIB
loading...
Mengapa Honda Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik di Amerika?
Honda menegaskan langkah mereka yang semakin fokus pada kendaraan listrik dengan membuat baterai sendiri. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Honda Motor Co. tidak ingin ketinggalan di era peralihan ke mobil listrik. Selain menyediakan mobilnya, mereka juga harus bisa memiliki baterainya sendiri. Sehingga, tidak tergantung pada orang lain.

Maka, Honda pun menggamit LG Energy Solution untuk membuat baterai mobil listrik mereka. Pabrik baterai Honda itu akan dibangung di Fayette County, di Negara bagian Ohio, Amerika Serikat.

Total nilai total investasinya mencapai USD3,5 miliar dengan kapasitas target produksi per tahunnya mencapai 40GWh serta dapat menyerap sekitar 2.200 tenaga kerja di kota Fayette County dan sekitarnya.

Pada Agustus 2022 silam, Honda dan LG memang bekerja sama untuk memproduksi baterai kendaraan listrik. Ya, ini menarik karena menjadi kerja sama raksasa antara perusahaan Korea dan Jepang.

Pabrik tersebut akan memproduksi jenis baterai pouch-type yang akan disuplai untuk pabrik perakitan kendaraan listrik Honda di kawasan Amerika Utara.
Mengapa pabriknya harus di Amerika? Karena semakin meningkatnya tren kendaraan berbasis elektrik di kawasan tersebut.

Pabrik tersebut akan mulai dibangun pada awal 2023 mendatang dengan target produksi massal advanced lithium-ion battery cells pada akhir 2025.

“Komitmen kami adalah menghasilkan produk dengan kualitas tinggi bersama Honda. Tidak hanya itu, kami juga bersama-sama menciptakan lapangan pekerjaan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak,” beber Dong-Myung Kim, Executive Vice President of Advanced Automotive Battery Division LG Energy Solution.



Executive Vice President American Honda Motor Co Bob Nelson menyebut bahwa Honda juga telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada tahun 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya.

”Ini bagian dari langkah Honda mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada 2050,” bebernya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)