Perawatan Vespa Matik di Musim Hujan, Ini yang Harus Dilakukan!

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:04 WIB
loading...
Perawatan Vespa Matik di Musim Hujan, Ini yang Harus Dilakukan!
Perawatan Vespa Matik saat musim hujan harus dilakukan lebih ekstra. Foto: dok Scooter VIP
A A A
JAKARTA - Musim hujan deras di wilayah Jabodetabek seperti sekarang biasanya membuat pengguna Vesmet (Vespa Matik) menjadi lebih was-was.

Mengapa? Karena banyak sekali hambatan yang harus dilalui. Mulai genangan air hingga hujan lebat. Oleh karena itu, perawatan ekstra perlu dilakukan supaya kondisi Vespa tetap awet dan segar.

Pendiri workshop Vespa Scooter VIP Dennil Sagita memberikan sejumlah tips yang bisa dilakukan oleh pemilik Vespa . Terutama, mereka yang menjadikan Vespa sebagai tunggangan harian. Nah, berikut tipsnya:

1. Hindari Genangan Air Terlalu Tinggi
Selalu perhatikan kondisi CVT Vespa apabila nekat melintasi genangan air. Sebab lubang pernafasan CVT berada dibawah body motor. Tidak berbeda dengan kendaraan matik lainnya, jika air masuk ke dalam CVT, maka kopling vespa bisa mengalami slip. Alhasil mesin Vespa menjadi mati dan berkendala untuk dihidupkan.

2. Bersihkan Setelah Vespa Kehujanan
Perawatan Vespa Matik di Musim Hujan, Ini yang Harus Dilakukan!

Apabila Vespa sudah terlanjur terkena air hujan yang memiliki berbagai kandungan zat, upayakan selalu membilas kendaraan dengan air biasa. Juga, dibersihkan menggunakan lap kering.

Meskipun bodi Vespa Matik sudah di desain memiliki lapisan anti karat, namun tetap perlu adanya upaya untuk menghindari cat Vespa menjadi kusam dan bisa menimbulkan korosi jika didiamkan terlalu lama.

3. Rutin Memanaskan Vespa
Rutin memanaskan Vespa Matik setiap pagi dan rutin melakukan service agar kondisi Vespa tetap fit. Bersihkan juga CVT dan saringan udara secara rutin.



4. Cek Tekanan Angin Ban
Pastikan tekanan angin ban selalu terjaga agar tidak terlalu terik ataupun terlalu kendor.

5. Hati-Hati Saat Berkendara
Pastikan untuk tetap menjaga keselamatan. ”Apabila hujan terlalu lebat, ada baiknya menunggu sesaat dan jangan sampai melewati genangan air,”ungkapDennil.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)