Tips Lolos Ujian Praktik SIM C Tanpa Harus Lewat Calo

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 23:29 WIB
loading...
Tips Lolos Ujian Praktik SIM C Tanpa Harus Lewat Calo
Tips lolos ujian praktik SIM C. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tips lolos ujian praktik SIM C agar terhindar rayuan calo diperlukan untuk bikers yang akan mengajukan Surat Izin Mengemudi (SIM). Pasalnya untuk lolos guna mendapatkan SIM C bukannya hal yang mudah

Selain itu, tidak semua pemohon bisa langsung lulus ketika membuat SIM, pasalnya kita perlu mengikuti ujian teori terlebih dahulu. Bahkan tak sedikit pula yang sering gagal dalam melakukan ujian praktik. Maka dari itu, persiapan untuk menjalani sejumlah tes perlu disiapkan dan dipelajari dari jauh-jauh hari.



Nah, dalam artikel kali ini akan membahas tips lolos ujian praktik SIM C. Untuk ujian praktik SIM C ada 2 tahapan ujian yang perlu Anda ikuti. Simak penjelasan lebih lanjut agar Anda bisa lolos ujiannya.

Ujian Praktek I

1. Uji Pengereman atau Keseimbangan

Dalam ujian ini para pengguna kendaraan motor perlu mengkonfirmasi keselamatan pada saat menjalankan sepeda motor dengan kecepatan stabil. Mereka harus menjalankan kendaraan dengan kecepatan stabil di persneling dua atau tiga lalu melakukan pengereman pada garis kuning atau cone, melepas rem pada cone atau garis hijau, lalu membelok sesuai petunjuk petugas, serta berhenti di garis setop dengan teknik pengereman kombinasi dengan sikap waspada yakni kaki kiri turun dan palingkan kepala ke kanan belakang.

Sedangkan untuk ujian keseimbangan ini para pengguna kendaraan motor harus melajukan kendaraan melintasi median jalan berukuran 8 meter dengan lebar 30 cm dengan kecepatan 5 Km/Jam, tidak boleh lebih dan mengatur keseimbangan dengan menggerakkan stang kemudi.

2. Uji Slalom (Zig-Zag)

Pada ujian ini terdapat jalur zig-zag yang perlu pengendara lewati. Terkait dengan ini pengendara dituntut untuk luwes dalam melakukan manuver. Badan yang luwes dan gas yang normal atau biasa saja sangat diperlukan untuk menyeimbangkan motor.

3. Uji Membentuk Angka 8

Dalam uji ini, peserta pengemudi akan diminta mengemudikan kendaraan motor dalam lingkaran yang membentuk angka 8 dengan mengikuti petunjuk arah, tidak berhenti, kaki tidak menginjak aspal, serta jari-jari tangan tidak menarik kopling/rem.

4. Uji Reaksi Rem Menghindar

Ujian ini perlu konsentrasi dan lakukan pengerman kaki selagi menunggu lampu hijau menyala. Pilih rute dimana lampu dinyalakan. Dan kamu akan lulus dengan mudah.

5. Uji U-Trun

Uji U-Trun akan mudah dilalui apabila Anda bisa melalui track zig-zag dan angka 8 dan perlu diingat lakukan kembali counter steering disaat kamu mulai menikung.

Ujian Praktek 2
1. Mengemudikan Ranmor dengan sempurna dijalan yang ramai, cara berbelok ke kanan dan ke kiri serta cara melewati persimpangan (mix traffic)
2. Tetap menggunakan Ranmor tepat dibelakang kendaraan yang sedang berjalan lambat.
3. Mendahului kendaraan dengan cara yang benar.
4. Berhenti sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditentukan.
5. Memarkir Ranmor dengan tepat atau sesuai tempat yang benar dan parkir sejajar dengan trotoar tanpa menyentuh tepi trotoar.
6. Memutar Ranmor dijalan yang sepi tanpa keluar dari jalur lalu lintas
7. Taat kepada peraturan, rambu-rambu lalu lintas, marka jalan dan alat pemberi isyarat lalu lintas pada waktu mengemudi.
8. Menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya.
9. Menggunakan lajur yang tepat saat mendahului dan memberikan kesempatan apabila didahului kendaraan lain.
10. Menggunakan lajur, perpindahan lajur serta merubah arah pada jalan sesuai dengan etika dan ketentuan.
11. Melakukan pengamatan umum melalui tindakan pemindaan, pengidentifikasian, prakiraan, keputusan dan pelaksaan pada saat menjalankan kendaraan uji.

MG/ Nabillah Amanda Rahmawaty
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)