AHM Produksi Motor Honda Gunakan Listrik dari Panel Surya

Senin, 31 Oktober 2022 - 10:05 WIB
loading...
AHM Produksi Motor Honda Gunakan Listrik dari Panel Surya
Sejak 2014 hingga saat ini, sebanyak 18.270 modul panel surya telah terpasang di atap gedung pabrik AHM. Foto: dok AHM
A A A
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) menggunakan solar panel sebagai salah satu sumber Energi Baru Terbarukan (EBT). Tujuannya, untuk mengurangi dampak efek rumah kaca di Indonesia.

Pemasangan solar panel merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam implementasi prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) pada berbagai aktivitas perusahaan.

Sejak 2014 hingga saat ini, sebanyak 18.270 modul panel surya telah terpasang di atap gedung pabrik AHM Karawang, pabrik AHM Cikarang, dan AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.

Keseluruhan panel surya yang terpasang tersebut memiliki kapasitas sistem sebesar 8.760 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 9.477.077 kWh per tahun. Ini setara pengurangan 8.246 ton emisi CO2 per tahun.

Listrik yang dihasilkan dipakai untuk menunjang kegiatan produksi sepeda motor, serta kegiatan lain yang membutuhkan daya listrik.

Ini sebagai bentuk mencegah ancaman perubahan iklim yang selaras dengan implementasi budaya Green Energy yang diterapkan perusahaan.

GM General Affairs AHM Merry Heryana mengatakan, seluruh daya yang dihasilkan tersebut disalurkan dan digunakan untuk kegiatan utama proses produksi dan kegiatan penunjang produksi.

“Kami terus berupaya dan berinovasi dalam melakukan pemanfaatan energi terbarukan untuk mengimplementasikan ESG dan merealisasikan program Sustainability Development Goals (SDGs),” kata Merry dalam keterangan tertulis seperti dilansir SINDOnews.

AHM Produksi Motor Honda Gunakan Listrik dari Panel Surya

Solar panel yang terpasang pada setiap pabrik AHM berjenis On Griddengan dengan sistem photovoltaic yang mampu mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Ini membuat AHM berkontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca.

Beragam program lainnya juga telah dijalankan oleh AHM dalam implementasi ESG guna mendukung pelestarian lingkungan, seperti penanaman pohon, water recycleprogram, pemanfaatan dan pengolahan sampah.

BACA JUGA: Fitur Terbaru YouTube di HP, Pinch to Zoom!

Upaya lainnya juga dilakukan berupa kampanye penyelamatan lingkungan dalam aktivitas perusahaan guna mendukung pengurangan pemanasan global, sekaligus pengurangan emisi karbon di lingkungan perusahaan.

Penggunaan Energi Baru Terbarukan juga menandakan Honda mendukung program Pemerintah Indonesia yang menargetkan netral karbon pada 2060. Bagaimanapun, kehadiran motor listrik Honda juga masihdinantikan.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2185 seconds (10.55#12.26)