Alasan Kapolri Pilih Mobil Ini Selama Mengamankan KTT G20 di Bali

Selasa, 15 November 2022 - 21:52 WIB
loading...
Alasan Kapolri Pilih Mobil Ini Selama Mengamankan KTT G20 di Bali
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menggunakan Hyundai Ioniq 5 berkelir hitam doff. Foto: dok Polri
A A A
BALI - Kendaraan dinas Kapolri selama KTT G20 di Bali bikin kaget. Bukan kendaraan anti peluru. Bukan, SUV gagah dan premium. Namun, mobil listrik lansiran Hyundai, Ioniq 5.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memang bersiaga di Bali sepanjang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Tentu, ia ingin memastikan kesigapan jajarannya.

Nah, yang unik, kendaraan dinas yang digunakannya terlihat berbeda dari yang biasa digunakannya.

Kapolri memutuskan untuk menggunakan mobil lsitrik sebagai kendaraan dinasnya sepanjang gelaran KTT G20. Mantan Kabareskrim itu menggunakan Hyundai Ioniq 5 dengan kelir hitam doff.

Seperti diketahui, mobil listrik tersebut menjadi kendaraan operasional sepanjang gelara KTT G20. Hyundai Ioniq 5 digunakan oleh delegasi G20 dan juga pasukan pengamanan serta pengawalan tamu VVIP.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penggunaan mobil listrik oleh Kapolri merupakan wujud dukungan Polri untuk menunjukkan keseriusan Indonesia dalam berupaya mencapai nol emisi karbon dan mendukung green energy.

“Dalam rangka mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali yang dalam pelaksanaan operasional menggunakan mobil listrik. Ini juga sebagai wujud mendukung energi ramah lingkungan,” kata Dedi seperti dikutip dalam laman Humas Polri, Selasa (15/11).

Berdasarkan pantauan Sindonews, mobil listrik yang digunakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo adalah Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range. Itu merupakan varian tertinggi dari mobil listrik keluaran pabrikan asal Korea Selatan itu.

Sekadar informasi, Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range menggunakan baterai Liquid cooled Lithium-ion berkapasitas 72,6 kWh dengan output 253 kW. Dalam kondisi penuh, baterai itu dapat mendukung mobil menempuh jarak 451 km.

Menggunakan tipe motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) dapat menghasilkan daya tertinggi 214 hp dan torsi puncak 350 Nm.

Sedangkan untuk pengisian daya cepat 350 kW, mobil ini diklaim dapat mengisi baterai dari 10 hingga 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. Sementara untuk harganya, Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range dibanderol Rp859 juta On The Road (OTR) Jakarta.

BACA JUGA: WhatsApp Business, Cara Daftar dan Mengatur Pesan untuk Tingkatkan Penjualan

Seperti diketahui, hampir 1.500 unit kendaraan listrik yang digunakan pada KTT G20 di Bali, yang terdiri dari mobi, motor, dan bus listrik. Sementara Polri menyediakan 176 kendaraanlistrik.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1111 seconds (11.210#12.26)