Survei: Konsumen Anggap Mobil Listrik Belum Bisa Diandalkan

Rabu, 16 November 2022 - 13:48 WIB
loading...
Survei: Konsumen Anggap Mobil Listrik Belum Bisa Diandalkan
Seorang konsumen tampak mengamati mobil listrik Tesla Model 3. Foto: dok Reuters
A A A
AMERIKA - Mobil listrik memang semakin populer. Penjualannya juga meningkat, tidak hanya di dunia juga di Indonesia.

Namun, berkaca dari Amerika yang punya pasar mobil listrik terbesar, ternyata pandangan konsumen terhadap teknologi baru ini masih sebelah mata.

Hal tersebut terungkap dari laporan Consumer Reports 2022 Annual Auto Reliability (Survei Keandalan Kendaraan 2022).

Hasilnya, soal keandalan mobil, posisi mobil listrik masih dibawah mobil hybrid dan mobil ICE (Internal Combustion Engine).

Tapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan mobil yang andal?

Setiap tahun organisasi nirlaba Consumer Reports bertanya pada konsumen terkait masalah yang dialami dengan kendaraan mereka dalam 12 terakhir. Pertanyaan yang ditanyakan ada 17. Meliputi mesin mobil, transmisi, elektronik, suku cadang, dan lainnya.

Consumer Reports kemudian menggunakan informasi tersebut untuk memprediksi peringkat keandalan mobil baru dari setiap pabrikan mobil dan model mobil yang dijual di AS.

Consumer Reports mengumpulkan data lebih dari 300.000 kendaraan dari model tahun 2000 hingga 2022, dengan beberapa model 2023 yang baru diperkenalkan.

Untuk memprediksi keandalan mobil model baru, Consumer Reports "menganalisis riwayat keandalan pabrikan dan model sebelumnyaā€¯.

Hasil survei menyebut bahwa mobil listrik dan hybrid memang seksi dan paling banyak diidamkan. Tapi, soal keandalan, berada di peringkat paling bawah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1874 seconds (11.97#12.26)