Bralink EV1 Motor Listrik Buatan Purbalingga Diperkenalkan

Kamis, 22 Desember 2022 - 03:48 WIB
loading...
Bralink EV1 Motor Listrik Buatan Purbalingga Diperkenalkan
Anak muda Purbalingga luncurkan motor listrik Bralink EV1. FOTO/ IST
A A A
PURWOKERTO - Era kendaraan listrik mulai diminati sejumlah pebisnis otomotif. Apalagi, baru-baru ini pemerintah berwacana akan mengeluarkan insentif khusus untuk kendaraan listrik.



Infonya, untuk mobil listrik akan mendapat insentif Rp. 80 juta, sedang motor listrik Rp. 8 juta.

Namun, jauh sebelum pemerintah mengagendakan pemberian subsidi pembelian kendaraan listrik itu, kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sudah menggagas pengembangan motor listrik khas Purbalingga.

Tepatnya pada 10 Oktober 2022 dibentuk Tim Kerja Kendaraan Listrik Purbalingga dan Fasilitasi Pelatihan Teknik Pengelasan oleh Kementerian Perindustrian RI.

Langkah cekat-ceket (Bahasa Banyumasan yg artinya gerak cepat, Red) terwujud, salah satunya berkat support dari PT. Rainbow Moto Builder (RMB) Jakarta. Melalui Adega Anggayasta, owners RMB, tercetus ide pengembangan motor listrik dengan ciri khas Purbalingga.

Sekadar informasi, tahun 2021 di Kabupaten Purbalingga terdapat 204 IKM Logam dan alat angkut yang memproduksi knalpot aftermarket (hand made) dengan jumlah tenaga kerja tercatat sebanyak 1.326 orang.

Meski produk rumahan, hasil rancangannya itu sudah banyak diakuisisi brand-brand kenamaan. Misalnya untuk produk knalpot, peredarannya sudah bisa dirasakan pengguna kendaraan di Malaysia, Piliphina, Singapura, Thailand, Mexicodan bahkan hingga Brazilia.

Bahkan salah satu perajin stang motor di Purbalingga sudah rutin memasok pesanan salah satu rumah modifikasi motor besar di New Zealand.

Dengan potensinya yang sudah mendunia itu, Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Purbalingga yang menjadi pembina perajin UKM ini mentargetkan prototype motor listrik kebanggaan Purbalingga dapat diwujudkan sebelum tutup tahun 2022 ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2809 seconds (0.1#10.140)