Perusahaan Mobil China Bantu Polandia Bikin Mobil Nasional

Minggu, 20 November 2022 - 09:00 WIB
loading...
Perusahaan Mobil China Bantu Polandia Bikin Mobil Nasional
EMP akan membuat Izera jadi mobil nasional Polandia pertama. Mobil itu akan dibuat dengan bantuan Geely. Foto/Paultan.
A A A
JAKARTA - Perusahaan mobil China, Geely , membantu Polandia membuat mobil nasional, Izera. Bantuan itu merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Geely dengan ElectroMobility Poland (EMP) yang dilakukan baru-baru ini.

Dalam kesepakagtan itu Geely berkomitmen untuk menyediakan platform mobil yang telah mereka miliki, Geely Sustainable Experience Architecture (SEA) kepada EMP. Platform itu kemudian dikembangkan jadi berbagai mobil nasional Polandia yang bernama Izera.

Nantinya mobil nasional Polandia itu hadir dalam bentu mobil listrik. Mobil yang dibuat disebutkan tidak hanya satu varian saja tapi hadir dalam berbagai jenis mobil yang akan dibutuhkan masyarakat Polandia .

Baca juga : Diajak Kerja Keras oleh Elon Musk, Ratusan Karyawan Twitter Langsung Kabur

Perusahaan Mobil China Bantu Polandia Bikin Mobil Nasional


Disebutkan Paultan, EMP merupakan perusahaan bentukan pemerintah Polandia. Pada dasarnya Izera akan menjadi merek domestik pertama Polandia dari generasi ke generasi. Situs resmi EMP mengatakan Polandia adalah pasar penjualan mobil baru terbesar di Eropa.

Sayangnya potensi itu tidak dimaksimalkan oleh merek mobil dalam negeri. Apalagi saat ini faktanya industri onderdil mobil merupakan sektor industri terbesar kedua di Polandia.

Baca juga : Wajah Utuh Toyota Innova Hycross Bocor di India

Perusahaan Mobil China Bantu Polandia Bikin Mobil Nasional


Dari situ EMP berharap Izera dapat menjadi katalis untuk pengembangan produsen suku cadang dan komponen mobil Polandia.

Mobil pertama yang akan dikembangkan Izera di platform SEA tentunya adalah SUV kompak yang merupakan salah satu bodytype paling populer saat ini. Ini akan diikuti oleh gerbong segmen C dan hatchback. EMP akan membangun mobil Izera di pabriknya sendiri di Jaworzno di Polandia, yang mempekerjakan 2.400 orang.

Menariknya, EMP akan menjadi perusahaan eksternal langsung pertama di luar Geely dan grupnya, yang menggunakan platform SEA. Sebelumnya, Zeekr yang memang merupakan anak perusahaan Geely telah memproduksi mobil listrik berbasis platform SEA.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1821 seconds (11.210#12.26)