Mobil Penjelajah Antariksa Bikinan UEA Resmi Mendarat di Bulan

Selasa, 13 Desember 2022 - 11:58 WIB
loading...
Mobil Penjelajah Antariksa Bikinan UEA Resmi Mendarat di Bulan
UEA meluncurkan penjelajah penjelajah Rashid Rover untuk mendarat di bulan. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Uni Emirat Arab (UEA) pada hari Minggu mengungkapkan rover eksplorasi ruang angkasa buatan lokal pertama untuk menjelajahi bulan 'Rashid Rover' berhasil diluncurkan.

Rashid Rover lepas landas dengan roket Falcon 9 milik Amerika Serikat, SpaceX dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada hari Minggu.



Perjalanan ke bulan diperkirakan memakan waktu sekitar lima bulan karena penggunaan sistem hemat energi, sementara misi eksplorasi di bulan akan memakan waktu lebih dari 14 hari, Anadolu Agency melaporkan.

"UEA meluncurkan penjelajah penjelajah 'Rashid Rover' untuk mendarat di bulan, dan itu akan menjadi misi bulan keempat di dunia dan yang pertama untuk dunia Arab jika berhasil dilaksanakan," kata Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab. UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Tak UEA, Jepang juga memperkenalkan Prototipe Nissan lunar rover secara substansial meminjam teknologi kendaraan listrik di Bumi.

Teknologi itu memanfaatkan kontrol empat roda mengadopsi mobil single seater Ariya EV dan teknologi kontrol motor yang dikembangkan melalui mobil listrik Nissan Leaf.

GM Advanced Vehicle Engineering Department Nissan , Toshiyuki Nagajima mengatakan, mobil listrik ini diharapkan mampu menjelajahi medan di bulan yang ekstrem.

"Melalui pengembangan ini, kami percaya bahwa pengetahuan yang diperoleh dari penelitian bersama dengan JAXA ini akan menghasilkan inovasi dalam kendaraan kami," kata Toshiyuki Nagajima.

Inti dari konsep lunar rover Nissan ini adalah teknologi e-4ORCE perusahaan yang mengklaim dapat meningkatkan kontrol keempat roda kendaraan secara mandiri Nissan mengatakan, mereka memahami perlunya penjelajah untuk bisa mengenali medan berbatu dan bergelombang dengan tetap mengedepankan hemat energi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8034 seconds (0.1#10.140)