Pengusaha Ini Habiskan Uang Rp2,3 Miliar Modifikasi Mercedes Jadi Tank Salju

Minggu, 25 Desember 2022 - 15:00 WIB
loading...
Pengusaha Ini Habiskan Uang Rp2,3 Miliar Modifikasi Mercedes Jadi Tank Salju
Mercedes-Benz G-Class milik pengusaha Swiss ini siap tempur di medan bersalju. Foto/Carscoops.
A A A
JAKARTA - Seorang pengusaha Swiss habiskan uang sebesar USD150.000 atau setara Rp2,3 miliar memodifikasi Mercedes-Benz G-Class jadi tank salju . Perubahan itu dilakukan karena pengusaha tersebut kurang puas dengan performa mobil SUV buatan Mercedes-Benz itu di jalan bersalju.

Hal itu membuat dia nekat mengubah mobil tersebut layaknya sebuah tank salju. Pasalnya empat ban yang ada di mobil itu diganti dengan roda rantai yang biasa dipakai tank tempur.

Untuk mengganti dan memodifikasi mobil SUV tersebut dia meminta bantuan rumah modifikasi delta4x4 dan Capricorn Trucks. Konversi yang dilakukan pertama kali adalah membeli roda rantai yang sesuai.

Roda rantai itu didapat dari perusahaan Amerika, Mattracks yang memang memproduksi roda rantai yang terbuat dari karet. Roda rantai dari karet diyakini sangat ideal ketimbang roda rantai yang terbuat dari baja. Pasalnya Mercedes-Benz G-Class tank salju itu tidak hanya digunakan di jalan bersalju tapi juga jalanan umum.



Pengusaha Ini Habiskan Uang Rp2,3 Miliar Modifikasi Mercedes Jadi Tank Salju


Modifikasi itu membuat mobil tersebut jadi sangat tidak biasa. Dari segi dimensi Mercedes-Benz G-Class tersebut jadi lebih jangkung dari model standar.

Masalahnya adalah mobil tersebut tidak bisa berlari kencang seperti biasa. Mobil tersebut hanya diizinkan mencapai kecepatan maksimal 65 kilometer per jam.



Pengusaha Ini Habiskan Uang Rp2,3 Miliar Modifikasi Mercedes Jadi Tank Salju


Dari segi bobot, Mercedes-Benz G-Class juga jauh lebih berat. Pasalnya setiap roda rantai saja beratnya mencapai 170 kilogram. Uniknya modifikator tidak mengubah sama sekali mesin yang digunakan mobil tersebut yakni mesin V8 dengan kapasitas silinder 4,0 liter.

Menariknya biaya yang dihabiskan dalam membuat mobil ini sangat fantastis. Untuk memasang roda rantai, pengusaha tersebut menghabiskan dana sebesar USD53.092 atau setara Rp822,5 juta. Selain itu agar bisa jalan, terdapat biaya homologasi sebesar USD73.277 atau mencapai Rp1,13 miliar.

Sisanya pengusaha Swiss tersebut mengeluarkan uang hingga USD21.237 atau sama dengan Rp329 jutaan untuk perlengkapan modifikasi lainnya. Contohnya roof rack, bull bar, hingga ban khusus yang bisa digunakan jika musim salju usai.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3407 seconds (0.1#10.140)