Raja Reli Dakar, Stephane Peterhansel Menangi 14 Gelar dari 35 Partisipasi

Sabtu, 31 Desember 2022 - 08:19 WIB
loading...
Raja Reli Dakar, Stephane Peterhansel Menangi 14 Gelar dari 35 Partisipasi
Pembalap asal Prancis berusia 57 tahun, Stephane Peterhansel adalah Raja Reli Dakar. Dari 35 penampilan dalam reli paling legendaris ini, Peterhansel memenangi 14 gelar juara. Foto/Topgear
A A A
DAKAR - Pembalap asal Prancis berusia 57 tahun, Stephane Peterhansel adalah Raja Reli Dakar . Dari 35 penampilan dalam reli paling legendaris ini, Peterhansel memenangi 14 gelar juara, delapan kali dengan sepeda motor dan enam kali dengan mobil .

Peterhansel juga menjadi runner-up tiga kali dan juara ketiga sebanyak dua kali, berarti dia telah naik podium sebanyak 19 kali dalam 35 balapan. Tambahkan finis keempatnya dan kelimanya, ternyata Peterhansel telah menjadi finis lima besar di lebih dari 70 persen Reli Dakar yang diikutinya.

Tidak mengherankan, rekor luar biasa yang dicatatkan Peterhansel telah menjadikan namanya sebagai pembalap terkenal dan dijuluki Raja Dakar. Dikutip dari laman Topgear, Sabtu (31/12/2022), gaya mengemudi Peterhansel digambarkan sebagai 'metodis' sehingga mampu meraih prestasi gemilang.



Peterhansel memiliki fisik prima dan mental tangguh untuk melintasi medan bergurun pasir yang dipenuhi debu. Pembalap kelahiran Échenoz-la-Méline, Prancis ini, memiliki emosi yang stabil sehingga mampu berpikir jernih selama menghadapi kerasnya Reli Dakar.

“Stephane (Peterhansel) tidak pernah stres. Saya sama sekali tidak meragukan kemampuannya,” puji Edouard Boulanger, co-driver dan navigator Peterhansel dikutip dari laman topgear.

Sosok Edouard Boulanger atau yang biasa disapa Edward Baker punya andil besar dalam kesuksesan Peterhansel. Selain menjadi co-driver yang terampil dan pengendara off-road yang sangat berguna, Boulanger adalah seorang insinyur mesin yang terlatih dan berpengalaman.
Raja Reli Dakar, Stephane Peterhansel Menangi 14 Gelar dari 35 Partisipasi


Pria asal Inggris ini merupakan tandem yang cocok untuk pembalap berpengalaman seperti Peterhansel. “Saya tidak pernah memiliki bakat seperti yang dimiliki Stephane,” katanya dengan rendah hati.



Reli Dakar 2022 terbagi dalam 14 etape melalui padang pasir dimulai 31 Desember 2022 dari Arab Saudi hingga 15 Januari 2023 berakhir di Telur Aran di Damman. Stephane Peterhansel dan Edouard Boulanger bergabung dalam Tim Audi Sport menggendarai mobil baru RS Q e-tron.

Audi adalah produsen mobil pertama yang menggunakan drivetrain listrik yang dikombinasikan dengan konverter energi efisien untuk bersaing melawan mobil bertenaga konvensional di Reli Dakar.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)