Cuaca Buruk Awali 2023, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Terendam Banjir

Senin, 02 Januari 2023 - 09:36 WIB
loading...
Cuaca Buruk Awali 2023, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Terendam Banjir
Ada sejumlah tindakan preventif untuk meminimalisir kerusakan kendaraan akibat banjir. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Cuaca buruk dan hujan lebat melanda sejumlah wilayah Pantura Jawa Tengah (Jateng). Tepatnya, di kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pekalongan, dan Kota Pekalongan. Gara-gara banjir, sejumlah warga dievakuasi.

Banjir juga berakibat fatal pada pemilik kendaraan. Nah, berikut adalah upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko kerusakan pada mobil dan tetap bisa melakukan klaim asuransi kendaraan:

1. Pastikan posisi mobil aman
Pastikan ada opsi untuk memindahkan dan mengevakuasi mobil ke posisi yang lebih tinggi pada saat banjir. Apabila tidak sempat melakukan pemindahan atau evakuasi, tutup knalpot supaya air tidak masuk ke dalam mesin mobil dan merusak mesin.

2. Lepaskan kabel negatif aki untuk mencegah korsleting listrik
Pemilik mobil jangan ragu untuk melepaskan kabel negatif pada aki / baterai guna mencegah korsleting listrik. Pelepasan kabel ini mencegah rusaknya berbagai macam komponen listrik di dalamnya.

Lakukan pencabutan kabel negatif ketika mobil sebelum terendam. Ciri-ciri kabel negatif pada aki/baterai ditandai dengan simbol – (minus/kurang ). Kabel yang menempel pada terminal negatif aki/baterai adalah warna hitam polos atau yang sejenisnya.

3. Cek kondisi oli
Pengecekan kondisi oli harus dilakukan, karena ada kemungkinan oli sudah tercampur air banjir. Ketika sudah tercampur air, tangki oli harus dikuras habis terlebih dahulu baru kemudian diisi kembali.

Pengurasan sebaiknya dilakukan oleh pihak bengkel resmi. Ciri-ciri oli sudah tercampur air yaitu warna oli berubah menjadi putih seperti susu

4. Jangan menyalakan kendaraan
Cuaca Buruk Awali 2023, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Terendam Banjir

Jangan langsung menyalakan mesin mobil yang sudah terendam banjir. Foto: Antara

Apabila mobil kita sudah dalam posisi terendam banjir, jangan langsung menyalakan mesin. Mesin terendam banjir jika dinyalakan bisa mengakibatkan korsleting pada aki / baterai.

Selain itu, air banjir yang masuk ke dalam mesin dapat merusak komponen yang ada di dalamnya. Sebaiknya menghubungi bengkel resmi untuk mengecek kendaraan yang terendam banjir.



5. Dikemudikan secara paksa
L Iwan Pranoto, SVP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra menjelaskan bahwa kendaraan yang terendam banjir sebaiknya tidak dipaksa jalan karena bisa merugikan keselamatan pengemudi.

“Kami sangat berkonsentrasi dengan keselamatan pelanggan kami, sebaiknya ketika mengetahui mobil sudah terendam banjir, pelanggan langsung menghubungi layanan Garda Mobile Otocare atau Garda Akses 24 Jam. Tim kami akan membantu. Jangan melakukan perbaikan sendiri atau menyalakan mesin kendaraan yang baru saja terendam banjir, sebaiknya tunggu tim kami datang memeriksa,”paparIwan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4413 seconds (0.1#10.140)