Holon Resmi Perkenalkan Bus Otonom di CES 2023

Senin, 09 Januari 2023 - 19:26 WIB
loading...
Holon Resmi Perkenalkan Bus Otonom di CES 2023
menyebut kendaraan tersebut sebagai penggerak otonom pertama di dunia yang dibangun dengan standar otomotif. FOTO/ IST
A A A
LAS VEGAS - Merek baru, Holon memperkenalkan bus otonom yang sepenuhnya ditenagai oleh listrik di Consumer Electronics Show (CES) 2023.

BACA JUGA - Anies Pamer Bus Listrik Transjakarta, Warganet Sindir Esemka

Seperti dilansir dari Autopro, merek tersebut menyebut kendaraan tersebut sebagai "penggerak otonom pertama di dunia yang dibangun dengan standar otomotif". Kecepatan tertinggi bus dibatasi hingga 59 km/jam dengan jangkauan 289 km.

Holon dimiliki oleh Benteler Group, sebuah perusahaan asal Jerman yang bergerak di beberapa bidang, mulai dari baja hingga teknologi otomotif. Merek tersebut berharap dapat memasuki industri bisnis layanan ride-sharing seperti Uber atau Lyft.

Holon melihat bus sebagai moda transportasi yang cocok untuk digunakan di dalam kota, kampus, bandara atau di manapun, sesuai dengan kapasitas maksimum bus tersebut.

Dikenal sebagai 'Mover', dapat menampung hingga 15 orang dengan pengaturan tempat duduk yang memberikan privasi lebih bagi penumpang. Fakta menarik lainnya dari Mover adalah sentuhan Pininfarina yang bertanggung jawab atas aspek estetika dari Mover.

Merek tersebut juga berencana menjalankan program percontohan di luar Hamburg. Di Amerika Serikat, mereka telah bermitra dengan Beep, sebuah perusahaan mobilitas otonom.

Menurut Holon, fitur otomatis untuk kursi roda juga tersedia guna memberikan kenyamanan bagi penumpang. Selain memuat informasi dalam panduan Braille dan audiovisual sebagai penunjang bagi penumpang tunanetra.

Teknologi self-driving saat ini berada di SAE Level 4. Ini berarti tidak diperlukan campur tangan manusia untuk saat ini. Holon juga dibangun di atas arsitektur modular yang harus memiliki banyak variasi.

Mover dapat digunakan untuk aplikasi penumpang dan transportasi, dengan fokus khusus pada pengiriman jarak jauh seperti Amazon Rivian van.

Mover akan diluncurkan di AS pada akhir tahun 2025 sebelum memperluas layanannya di Eropa, Asia Barat, dan Asia.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3503 seconds (11.97#12.26)