Jakarta Tak Termasuk 12 Kota dengan Jalanan Paling Aman di Indonesia

Selasa, 20 Oktober 2015 - 19:03 WIB
Jakarta Tak Termasuk 12 Kota dengan Jalanan Paling Aman di Indonesia
Jakarta Tak Termasuk 12 Kota dengan Jalanan Paling Aman di Indonesia
A A A
JAKARTA - Demi meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan, Adira Insurane melalui kampanye I Wanna Get Home Safely (IWGHS), mengadakan penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA). Ini merupakan wujud apresiasi terhadap kota atau kabupaten, yang menerapkan tata kelola keselamatan di jalan terbaik.

Tujuannya meningkatkan kesadaran dan kualitas tata kelola keselamatan jalan. Program ini merupakan wujud apresiasi terhadap kota atau kabupaten yang menerapkan tata kelola keselamatan di jalan terbaik.

β€œIni bukan hanya memberikan penghargaan, namun juga memberikan evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi seluruh finalis IRSA. Hasil evaluasi meliputi program berjalan dari masing-masing kota atau kabupaten yang terus ditingkatkan,” ungkap Indra Baruna, Chief Executive Officer PT Asuransi Adira Dinamika, Selasa (20/10/2015).

Menurutnya evaluasi ini menjadi aset penting bagi setiap kota dan kabupaten untuk terus membenahi tata kelola keselamatan jalannya. Diharapkan dapat berdampak pada penurunan angka kecelakaan di jalan.

Program IRSA diadakan pertamakali 2013 dan mendapat respon positif dari berbagai kalangan terkait. Ini merupakan salah satu alasan Adira Insurance melanjutkan program ini di 2015.

Saat ini sedikitnya ada 61 kota dan kabupaten yang mendaftar ditambah 15 kota dan kabupaten yang direkomendasikian oleh pakar road safety. Total ada 76 kota dan kabupaten yang mengikuti acara ini. naik 64% jika dibanding dengan tahun sebelumnya.

Telah terpilih 12 kota dan kabupaten untuk menjadi finalis dalam ajang tahunan ini. Mereka akan mempresentasikan berbagai permasalahan dan keberhasilan penerapan road safety di wilayahnya, program kerja serta hasil evaluasi terhadap kebijakan yang telah dilakukan terkait dengan tata kelola keselamatan jalan.

Tahun ini, dari hasil observasi dan survey lapangan, telah terpilih 12 kota dan kabupaten finalis IRSA 2015 yang dibagi dalam 4 kategori.

Kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa: Surabaya, Tangerang dan Tangerang Selatan
Kota dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa: Balikpapan, Probolinggo dan Tasikmalaya.
Kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa: Jepara, Tangerang dan Klaten.
Kabupaten dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa: Hulu Sungai Selatan, Kudus dan Karanganyar.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3933 seconds (0.1#10.140)