Mesin Sienta dan Avanza Bahan dan Desain Berbeda

Minggu, 10 April 2016 - 23:26 WIB
Mesin Sienta dan Avanza Bahan dan Desain Berbeda
Mesin Sienta dan Avanza Bahan dan Desain Berbeda
A A A
JAKARTA - Toyota Sienta menggunakan mesin yang belum pernah digunakan pada model lain untuk produk Toyota di Indonesia. Banyak yang mengatakan kalau mesin yang digunakan Sienta mirip dengan mesin yang digunakan Avanza.

Sebagai informasi, Toyota Sienta yang masuk dalam segmen MPV mempunyai desain yang stylist dapurpacunya menggunakan mesin 4-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i dengan 2NR-FE, buatan pabrik Toyota yang baru di Karawang.

Mesin ini masih satu keluarga “NR” dengan Sienta versi Jepang, namun beda spesifikasi. Mesin ini juga menggunakan aluminium sebagai material utama, sehingga diklaim lebih ringan dan irit konsumsi bahan bakar.

Di Tanah Air, mesin 2NR-FE yang digunakan Sienta memiliki spesifikasi “F” yang artinya menggunakan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft) sementara “E” artinya Electronic Fuel Injection (EFI).

Di negara asalnya yaitu Jepang, salah satu varian mesin Sienta yaitu 2NR-FKE. Dimana kode FKE itu mengadopsi siklus Atkinson dan VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent by Electric Motor).

Sienta di Indonesia menghasilkan tenaga 105 tk dan torsi 140 Nm, sedangkan konsumen di Jepang mendapatkan tenaga lebih besar, 109 tk, namun torsinya lebih rendah yakni 136 Nm.

Sementara tenaga yang dihasilkan Grand New Avanza menggunakan mesin 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE. Tenaga puncaknya 104 Ps pada 6.000 rpm, torsinya 136,3 Nm pada 4.200 rpm. Dan mesin Avanza dikembangkan dan diproduksi Daihatsu yang menggunakan bahan besi baja biasa.

Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan bila pihaknya telah membandingkan kondisi mesin Sienta untuk Indonesia dan Avanza. Meskipun blok mesin sama namun bisa dipastikan komposisi komponennya berbeda, misalnya posisi saringan oli, altenator, dan koil.

"Prinsip kerjanya serupa, namun memang desainnya berbeda. Yang signifikan perbedaannya adalah desain mesin Sienta menghadap ke depan karena memiliki penggerak roda depan, sedangkan Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakan mesin adalah roda belakang," ujarnya.

Toyota Sienta yang diklaim salah satu model paling digemari di Jepang diharapkan juga akan di alami di Tanah Air. Sienta yang dipasarkan Toyota sebenarnya merupakan generasi kedua dari pendahulunya yang hanya dipasarkan di Jepang.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3101 seconds (0.1#10.140)