Helm Bell Kembangkan Teknologi MIPS

Selasa, 21 Juni 2016 - 11:17 WIB
Helm Bell Kembangkan Teknologi MIPS
Helm Bell Kembangkan Teknologi MIPS
A A A
CALIFORNIA - Produsen helm Bell kini telah mengembangkan sebuah teknologi baru untuk melindungi kepala penggunanya jadi lebih aman. Kali ini perusahaan helm asal Amerika tersebut menyematkan teknologi Multi-Directional Impact Protection System (MIPS).

Teknologi ini sendiri sebenarnya pertama kali diterapkan pada helm sepeda gunung dan sekarang mulai dikembangkan untuk helm off-road. MIPS sendiri sebenarnya merupakan sebuah sistem lapisan yang bisa bergeser dalam helm, meniru sistem proteksi otak sendiri.

Lapisan low-friction yang dirancang di bawah lapisan impact mampu berputar dalam helm dengan maksud mengurangi atau memperlambat jumlah energi yang ditransfer ke kepala atau dari kepala. Lapisan MIPS terhubung ke lapisan luar dengan empat pasak elastomer yang memungkinkan pergeseran ke segala arah sekitar 10-15 milimeter.

Dalam kasus kecelakaan tertentu, kepala akan mengalami gerakan memutar dan berhenti seketika, yang akan menyebabkan jaringan otak mengalami tekanan sangat tinggi. Peregangan jaringan yang disebabkan pergerakan demikian bisa menyebabkan berbagai cedera otak. MIPS akan mencegahnya dengan memungkinkan kepala bergeser sendiri dalam helm saat dalam kondisi kritis impact itu sekian milidetik.

Dilansir dari Autoevolution, Selasa (21/6/2016), MIPS kini diterapkan pada model-model Powersports akhir tahun ini, seperti MX-9, MX-9 Adventure dan helm jalan raya Qualifier DLX.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2572 seconds (0.1#10.140)