Grimsel Pecahkan Rekor Baru Mobil Elektrik

Senin, 27 Juni 2016 - 22:22 WIB
Grimsel Pecahkan Rekor Baru Mobil Elektrik
Grimsel Pecahkan Rekor Baru Mobil Elektrik
A A A
ZURICH - Sinyal mobil berbahan bakar bakar minyak sepertinya akan ditinggalkan semakin terjawab. Pasalnya baru-baru ini mahasiswa dari universitas Swiss ETH Zurich dan Hochschule Luzern membuat mobil listrik super kencang bernama Grimsel dan berhasil memecahkan rekor baru kecepatan.

Dalam video ini terlihat Grimsel benar-benar cepat, seperti dilansir businessgree, Senin, (27/6/2016) karena kendaraan listrik ini menyelesaikan akselerasi 0-100 Km/h dalam waktu 1.513 detik selama upaya memecahkan rekor pada landasan pacu yang terletak di Dübendorf Air Base, Swiss.

Rekor sebelumnya tercatat Juli tahun lalu oleh Formula Student EV lainnya dari Greenteam Uni Stuttgart e.V. dengan waktu 1.779 detik di Jade Weser Airport, Wilhelmshaven, Jerman.

Catatan rekor baru ini adalah bagian yang mengagumkan dari engineering, menampilkan empat motor di hub roda yang dikembangkan in-house, menyediakan power gabungan 200 Hp dan torsi lebih dari 1.700 Nm.

Grimsel menggunakan bahan carbon fiber yang sangat banyak, memungkinkan bobotnya hanya 168 Kg, memberikan rasio power-to-weight yang mengejutkan, 1.190 Hp dan 10.000 Nm/ton.

Untuk menyalurkan semua tenaga listrik ini ke jalanan dengan cara yang seefisien mungkin, para mahasiswa telah menciptakan sebuah sistem AWD yang sangat pintar, dengan setiap roda dikelola secara individual oleh sistem kontrol traksi.

Jumlah tenaga yang ditransfer ke roda disesuaikan beberapa kali per detik, tergantung pada kondisi jalan, sementara torque vectoring mengirimkan power lebih banyak untuk roda bagian luar untuk membuat Grimsel lebih lincah di tikungan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0519 seconds (0.1#10.140)