Malware Baru Mampu Meniru WhatsApp dan Google Play

Kamis, 30 Juni 2016 - 18:27 WIB
Malware Baru Mampu Meniru...
Malware Baru Mampu Meniru WhatsApp dan Google Play
A A A
JAKARTA - Ancaman dunia maya baru muncul. Di tengah pengguna smartphone menikmati berbagai fitur canggih, mereka tidak menyadari bahwa perangkat yang digunakan telah terinfeksi virus.

Dilansir dari Daily Star, Malware baru ini mampu meniru tampilan aplikasi populer seperti Uber, WhatsApp (WA) dan Google Play. Setelah di-download, virus maya menunggu pengguna yang tidak curiga untuk membuka aplikasi resmi dan kemudian overlay antarmuka palsu muncul di bagian atas.

Hal ini kemudian memungkinkan penjahat cyber mengelabui pengguna agar mengungkapkan data pribadi termasuk alamat dan rincian rekening bank.

Virus ini ditemukan oleh peneliti keamanan dari FireEye, yang mengungkapkan malware tersebut sudah menyebar ke seluruh Eropa. Malware dilaporkan mulai ditemukan di Denmark, kemudian di Italia, Jerman dan Austria.

Menurut tim FireEye, malware menyebar melalui skema phishing pesan teks dasar. Sebuah pesan teks menyatakan, "Kami tidak bisa memberikan pesanan Anda. Silakan cek informasi pengiriman Anda di sini". Setelah diklik, malware di-download.

Pakar keamanan telah memperingatkan pemilik smartphone untuk tidak mengklik setiap pesan teks yang bukan dari sumber dapat dipercaya.

Berita ini muncul hanya beberapa pekan setelah pemilik iPhone memperingatkan tentang serangan malware. Selama beberapa bulan terakhir sejumlah serangan rumit telah berusaha menipu pemilik iPhone agar menyerahkan nama pengguna dan password.

Menurut para peneliti keamanan di FireEye, hal tersebut adalah masalah yang akan terus berkembang.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)