Valentino Rossi Gunakan Ramuan Spesial Michelin

Selasa, 12 Juli 2016 - 12:48 WIB
Valentino Rossi Gunakan Ramuan Spesial Michelin
Valentino Rossi Gunakan Ramuan Spesial Michelin
A A A
BERLIN - Pemilihan jenis ban menjadi faktor utama bagi pembalap MotoGP untuk melibas Sirkuit Sachsenring, dari keunikan layout-nya, namun juga karena menantang dari sisi teknikal. Oleh karenanya Michelin menyiapkan ramuan spesial untuk sirkuit dengan karakter yang unik itu dan siap dipasangkan ke Motor YZR-M1 Valentino Rossi dan pembalap MotoGP lainnya.

Pemilihan ban untuk balapan, nantinya akan punya peran yang sangat besar. Terutama untuk kompon ban. Kali ini Bridgestone bahkan membawa beberapa varian untuk dipilih para pembalap. Mengingat kondisi trek Sachsenring sangat unik hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk tetap menjaga karakter grip ban yang sama antara sisi kiri dan kanan.

Untuk MotoGP Jerman Michelin menyiapkan kompon asimetris pun menjadi jawabannya. Bahkan hal ini juga sudah digunakan oleh Michelin saat masih menjadi pemasok tunggal ban di balap MotoGP.

“Karakter sirkuit sangat teknikal dan menyita perhatian besar. Banyak tikungan ke kiri dengan karakter cepat, bakal membuat kompon ban cepat panas dan haus dalam waktu sebentar. HIngga akhirnya kami merilis ban dengan karakter yang unik untuk tipe sirkuit seperti ini,” ujar Piero Taramasso, Manager of the Two-Wheel Motorsport Group Michelin seperti dilansir speedweks, Selasa (12/7/2016)

Sementara itu Valentino Rossi menegaskan bahwa sirkuit Sachsenring adalah sirkuit yang tidak biasa. Mereka menganggap bahwa sirkuit yang terletak di wilayah suku Saxon, Jerman itu punya layout yang tidak biasa. Selain banyaknya handycap dengan tikungan blindspot, jaraknya yang cukup pendek, dominasi tikungan cepat ke kiri dan tikungan lambat ke kanan, membuatnya sulit.

“Menurutku, kesulitan tertinggi di Sachsenring adalah pemilihan ban depan akan jadi kuncinya. Michelin membawa banyak tipe kompon ban depan pekan ini. Karena mereka ingin memastikan bahwa pilihan para pembalap benar-benar membuat mereka aman. Jelas kami akan melihat sejauh mana kompetitif penggunaan ban pada saat sesi latihan pertama,” ujar Rossi.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8121 seconds (0.1#10.140)