Sejarah Game Pokemon

Minggu, 17 Juli 2016 - 15:48 WIB
Sejarah Game Pokemon
Sejarah Game Pokemon
A A A
POKEMON kini menjadi game yang fenomenal lewat aplikasi mobile teranyarnya, Pokemon Go. Patut Anda ketahui, Pokemon adalah romanisasi dari nama Jepang "Pocket Monsters". Kata Pokemon juga merujuk pada 721 spesies fiksi yang muncul dalam semua seri Pokemon.

Pokemon sejatinya nama salah satu waralaba media yang dimiliki perusahaan video game Nintendo, dan diciptakan Satoshi Tajiri pada 1995. Awalnya, Pokemon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy.

Pokemon menjadi permainan video game tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga diciptakan Nintendo.

Sementara bila dibandingkan dengan yang lain, Pokemon merupakan serial waralaba terlaris ketiga di dunia setelah James Bond (karya Ian Fleming) dan Transformers (karya Hasbro), yang masih terus berjalan dan diperbarui sesuai perjalanan zaman.

Dilansir dari Wikipedia, Waralaba Pokemon sendiri muncul dalam beragam bentuk, yaitu permainan video, anime, manga, trading cards, buku, mainan, dan masih banyak lagi. Waralaba media ini merayakan ulang tahunnya ke-10 pada 27 Februari 2006, dan pada 23 April 2008, omzet penjualan permainan video game Pokemon saat itu mencapai 180 juta kopi, melebihi penjualan permainan video Transformers.

Pada November 2005, 4Kids Entertainment, yang menjadi distributor Pokemon di luar Jepang mengumumkan bahwa mereka tidak akan memperpanjang kontrak dengan The Pokemon Company Jepang. Sadar bahwa The Pokemon Company Jepang tidak akan sukses bila tanpa bantuan rekan dari luar Jepang, The Pokemon Company Jepang kemudian menciptakan anak perusahaan yang berbasis di Amerika.

Perusahaan itu kemudian dikenal dengan nama The Pokemon Company International. Tugasnya adalah menjadi distributor sekaligus pemegang nama lisensi Pokemon untuk kawasan di luar Asia termasuk di Afrika.

Konsep Awal

Pokemon


Konsep asli dari Pokémon, seperti yang muncul dalam permainan video game dan semua fiksional Pokemon secara umum, adalah mengadopsi hobi mengoleksi serangga. Hal itu pernah dilakukan Satoshi Tajiri sewaktu masih kanak-kanak.

Dalam permainan game, pemain disebut sebagai Pokemon Trainer (pelatih Pokémon). Ada tiga tujuan umum yang harus dilakukan setiap pelatih Pokemon untuk melengkapkan isi dari Pokedex. Pertama, Anda harus menangkap semua spesies Pokemon yang ada di sebuah region tempat Anda berada. Kedua, Anda dituntut untuk mengembangkan spesies Pokemon yang Anda punya agar menjadi kuat dan kemudian bisa menang melawan penantang lain, dan tujuan tambahannya adalah mengalahkan Team Rocket.

Ketiga, bila Pokémon yang Anda didik tersebut cukup kuat dari segi fisik dan teknik, Anda punya kesempatan besar untuk melawan pelatih terkuat, yang kemudian disebut Pokemon Master. Semua hal tersebut ada dalam seluruh seri waralaba Pokemon, termasuk dalam permainan video, anime, manga, dan trading card.

Dalam mayoritas seri Pokemon, seorang pelatih yang dapat menghadang kekuatan Pokemon liar dapat menangkapnya untuk kemudian dijadikan peliharaannya sendiri dengan melemparkan sebuah benda yang bisa menciutkan massa jenis Pokemon tersebut, yang kemudian dinamakan Poke Ball. Tertangkapnya Pokemon liar tersebut, maka sang pelatih secara resmi memiliki sang Pokemon.

Pokemon yang dimiliki oleh orang lain tidak bisa direbut secara paksa dengan Poke Ball kecuali ada hal-hal lain yang menjadi persetujuan antara dua pelatih yang bertarung tersebut, misalnya saling bertukar (trade), atau dengan membelinya.
Pokemon yang kita miliki untuk selanjutnya bisa kita pertarungkan dengan Pokemon liar atau dengan sesama pelatih lain.

Bagi Pokemon yang menang dalam pertarungan tersebut, sudah tentu kekuatannya akan bertambah dan meningkat. Mereka mendapat poin pengalaman, dan berkesempatan untuk naik ke level yang lebih tinggi jika waktunya sudah tiba. Ketika mereka naik level-nya, secara otomatis statistiknya akan meningkat, seperti attack, defense, speed, dan masih banyak lagi.

Dari waktu ke waktu, sesuai level, Pokemon kemudian mengenal beberapa taktik serangan baru yang bisa digunakan dalam pertarungan. Dalam beberapa kesempatan, ada sebagian besar jenis Pokemon yang bila mencapai level tertentu atau dengan memenuhi syarat yang lain seperti menggunakan batu evolusi dan item-item tertentu (seperti rare candy), akan bermetamorfosis menjadi spesies baru, yang kemudian dikenal dengan nama evolusi.

Dalam serial permainan video, kita harus berperan sebagai pelatih yang membangun dan membesarkan sebuah tim Pokemon untuk mengalahkan beragam tipe Pokemon yang dimiliki oleh pelatih rival atau saingan kita, selain untuk mengalahkan bermacam Pokemon liar dan pelatih-pelatih lainnya.

Layout game Pokemon kebanyakan adalah linear, dan mengelilingi sebuah region fiksi di dunia Pokemon (sebab planet Bumi versi dunia Pokémon berbeda dengan Bumi versi fiksi yang dipakai dalam beberapa serial seperti Transformers atau James Bond, yang menggambarkan dunia dalam keadaan sebenarnya seperti yang kita tinggali saat ini). Di setiap game Pokemon, sudah berisi delapan master spesialis Pokemon yang kemudian disebut sebagai Gym Leaders (pemimpin jim).

Sebagai pelatih wajib mengalahkan satu persatu pemimpin gym tersebut jika ingin mendapatkan lencana/pin yang kemudian bisa dpakai sebagai tanda masuk ke kejuaraan nasional Pokemon League (Liga Pokemon). Di mana di sana kita akan menantang empat sesepuh Pokemon yang kemudian disebut The Elite Four. Dan jika kita berhasil menang melawan Elite Four, kita akan dibawa untuk menantang Juara Regional, dan jika kita berhasil menang melawan Juara Regional, maka kita akan disahkan sebagai Juara Nasional dan berhak menyandang nama Pokemon Master(bisa juga Internasional dengan nama Pokemon Super Master).

Generasi Permainan video

Pokemon


Versi original permainan video Pokemon adalah sebuah RPG Jepang dengan beberapa elemen strategi dan petualangan, diciptakan serta ditulis jalan ceritanya oleh Satoshi Tajiri untuk Game Boy, dengan bantuan ilustrasi gambar karakter oleh Ken Sugimori. Saat ini sudah banyak permainan video beserta sekuel dan remake-nya (termasuk yang dirilis dalam versi Bahasa Inggris) yang beredar di pasaran.

Berbeda dengan waralaba-waralaba permainan video RPG lain yang banyak berubah-ubah detail permainannya, Pokemon sampai saat ini masih terus mempertahankan konsep keorsinilan. Di mana kita berperan sebagai seorang pelatih, dan kita harus bisa memenangkan gelar Pokemon Master.

Semua properti lisensi Pokemon terdaftar dan dimiliki oleh The Pokemon Company (kawasan Jepang dan Asia, termasuk Indonesia) dan The Pokemon USA, Inc. (untuk kawasan AS, Australia, Amerika Latin, dan Eropa, termasuk Afrika). Semua permainan video, anime, dan manga selalu diperbaharui oleh pihak Pokemon Company setiap waktu. Hal ini menjadikan Pokemon sebagai satu dari tiga franchise fiksi yang masih terus dikembangkan selain Transformers dan James Bond.

Pokemon G1

Seri waralaba permainan video Pokemon generasi pertama (G1) adalah Pocket Monsters Aka and Midori ("Red" and "Green", dalam versi bahasa Inggris) untuk Game Boy di Jepang. Kemudian disempurnakan menjadi Pokemon Red dan Blue untuk dirilis secara internasional.

Game ini diluncurkan di AS pada 30 September 1998. Selanjutnya versi remake dari Red dan Blue dirilis dengan nama Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition, dengan elemen warna untuk Game Boy Color dan game ini menggambarkan apa yang ada di serial TV Pokemon season satu.

Generasi pertama Pokemon memperkenalkan 151 spesies (dari daftar National Pokedex, urutannya adalah dari Bulbasaur sampai Mew). Basis cerita permainan videonya seperti yang sudah diutarakan sebelumnya adalah kita harus berperan sebagai trainer yang membangun dan membesarkan sebuah tim Pokemon untuk mengalahkan beragam tipe yang dimiliki oleh trainer saingan dan Pokemon liar.

Selanjutnya, kita harus bisa menjadi seorang Pokemon Master. Region pertama dalam Pokemon G1 adalah Kanto, yang lucunya sampai Pokemon G2 dirilis, nama tersebut tidak pernah disebutkan dalam serial TV atau permainan video.

Pokemon G2

Generasi dua (G2) dari permainan video Pokemon dirilis pada pertengahan 2000 dengan diluncurkannya Pokemon Gold dan Silver untuk Game Boy Color. Seperti versi sebelumnya, sebuah versi remake dengan nama "Pokémon Crystal" diluncurkan kemudian. Pokemon G2 memuat 100 spesies baru Pokemon yang dimulai dari Chikorita dan diakhiri dengan Celebi, sehingga menambah total jumlah Pokémon menjadi 251 spesies.

Sebuah region baru pun diperkenalkan, namanya Johto, dan merupakan tetangga dari Kanto. Game Pokemon G2 dirilis di Jepang pada Desember 2001 dan di pertengahan 2002 untuk kawasan Eropa dan Amerika Utara. Di G2, mulai diperkenalkan unsur yang baru yaitu Pokerus (virus Pokémon) atau di dalam game disingkat menjadi PkRS.

Berbeda dengan virus yang kita kenal sehari-hari (yang cenderung mengakibatkan penyakit), Pokerus justru membuat seekor Pokemon menjadi lebih cepat mendapatkan EXP dan poin stat. Ini dikarenakan Pokerus menggandakan Effort Value sehingga membantu pemain untuk menaikkan level Pokémon tersebut.

Pokerus juga dapat menulari Pokemon lainnya dalam tim, dengan menaruh Pokemon yang terinfeksi tersebut di sebelah Pokemon yang lain dalam tim, atau dengan menaikkan level Pokémon yang terinfeksi tersebut. Tetapi, virus tersebut hanya akan bertahan 2 hari. Jika ingin menyimpan Pokerus tersebut, masukkan Pokemon yang terinfeksi ke dalam PC. Perlu diingat pula bahwa kemungkinan untuk menemukan Pokerus adalah 3:65.536 baik dengan bertemu Pokémon liar maupun menternakkan Pokemon.

Pokemon G3

Generasi ketiga (G3) Pokemon dimulai pada 2003 dengan dirilisnya Pokemon Ruby dan Sapphire untuk Game Boy Advance dan dilanjutkan dengan dirilisnya remake versi G1 (Pokemon Red dan Blue) dengan nama Pokemon FireRed dan LeafGreen, versi remake untuk Ruby dan Sapphire berjudul Pokemon Emerald.

Di mana di versi ini, yang menjadi tokoh utamanya adalah May (Haruka) atau Brendan (Yuki). Di G3, Pokemon yang ditambahkan adalah 135 spesies baru (dimulai dari Treecko dan diakhiri oleh Deoxys), sehingga menambah jumlahnya menjadi 386 jenis.
Region di versi ini bernama Hoenn.

Meskipun di G3 sudah banyak penyempurnaan dan penambahan hal-hal yang baru, tapi tetap saja para fans merasa kurang puas. Karena sistem siang-malam seperti di G2 dihilangkan, dan yang lebih parah lagi dalam game Pokemon Ruby and Sapphire, hanya 202 spesies Pokemon yang bisa ditangkap (dari total seluruhnya 386 spesies). Sisanya sama sekali tidak muncul, kecuali jika Anda bermain curang memakai kode cheat, action replay, atau game shark.

Pokemon G4

Generasi keempat (G4) video game Pokemon dimulai pada 2006 dengan diluncurkannya Pokemon Diamond dan Pearl untuk Nintendo DS (baik NDS Lite maupun DSi). G4 mengambil setting cerita di region Sinnoh. Pokemon baru yang ditambahkan berjumlah 107 spesies (dimulai dari Turtwig dan diakhiri oleh Arceus), dan semakin menambah jumlah spesies Pokemon hingga angka 493 jenis.

Sebagai perbandingan, jumlah anggota karakter fiksi Autobots dan Decepticons - plus Maximal dan Predacons - (jika digabungkan) dalam franchise Transformers masih berkisar di angka 300-an. Fitur baru diperkenalkan dalam versi Nintendo DS, yaitu dengan adanya touch screen, dan dengan perbaikan di bidang sistem pertarungan dan jurus, lalu juga dapat mengukur berat Pokemon terhadap Trainer itu sendiri.

Selain itu, muncul kembalinya sistem siang-malam seperti di G2, dan tetap dipertahankannya Pokemon Contests yang kali ini berubah nama menjadi Super Contest. Versi remake dari Diamond dan Pearl adalah Pokemon Platinum yang dirilis pada Maret 2009 untuk kawasan Eropa dan Amerika Utara.

Pada Maret 2010, direncanakan akan dirilis seri permainan video baru Pokemon, yang merupakan versi remake dari seri Pokemon Gold dan Silver, yang berjudul Pokémon HeartGold dan SoulSilver.

Pokemon G5

Generasi kelima permainan video Pokemon dimulai pada 2010 dengan diluncurkannya Pokemon Black dan White untuk Nintendo DS (baik NDS Lite maupun DSi). G5 mengambil setting cerita di region Unova. Pokemon baru yang ditambahkan berjumlah 156 spesies (termasuk Pokemon event) dimulai dari Victini dan diakhiri oleh Genesect, dan semakin menambah jumlah spesies Pokemon hingga angka 649 jenis.

Pada G5, sudah diperkenalkan sistem siklus musim dan terdapat mode pertarungan triple battle dan rotation battle. Triple battle adalah mode yang memungkinkan pemain bertarung dengan mengeluarkan tiga Pokemon sekaligus. Sementara rotation battle hampir mirip dengan triple battle, tetapi hanya Pokemon yang berada di depan saja yang bertarung dan dua Pokemon lainnya hanya berdiri di belakang.

Pemain bisa memutar stage bila ingin menukar giliran Pokemon utama dengan salah satu dari dua Pokemon yang menunggu di belakang. Dalam G5, beberapa hal seperti nama jalan yang diulang kembali ke Rute 1 dan jumlah spesies baru dengan pertambahan (156 spesie) seperti G1 (153 spesies) merupakan tanda reboot dari permainan video Pokemon.

Pada Juni 2012 dikabarkan akan dirilis versi remake dari Pokemon Black dan White yakni Pokémon Black 2 dan White 2 di Jepang, kemudian akan dirilis di luar Jepang pada saat musim gugur 2012. Latar cerita dalam Pokemon Black 2 dan White 2 mengambil masa dua tahun setelah kejadian di Pokémon Black dan White.

Banyak sekali perubahan drastis dalam peta maupun fitur lainnya dalam permainan ini termasuk bentuk alternatif dari Kyurem, yakni Black Kyurem dan White Kyurem, disertai dengan bentuk alternatif dari Keldeo.

Pokemon G6

Pada 8 Januari 2013, Nintendo secara resmi mengumumkan Pokemon X dan Y untuk Nintendo 3DS sebagai bagian dari permainan Pokemon generasi keenam (G6). Permainan tersebut memiliki grafis 3D dan dirilis di seluruh dunia secara bersamaan pada 12 Oktober 2013.

Terdapat beberapa hal baru dalam Pokemon X dan Y, yakni kostumisasi pemain dan dapat menunggangi Pokemon. Pada permainan ini diperkenalkan bentuk alternatif dari Mewtwo yang akhirnya dikenal sebagai salah satu dari bentuk Mega Evolusi, bentuk perubahan sementara yang membuat Pokemon semakin kuat.

Selain itu, dikenal juga bentuk evolusi baru dari Eevee yang dikenal sebagai Sylveon. Pada G6, diperkenalkan mode pertarungan horde battle di mana pemain akan melawan lima pokemon liar dengan salah satu pokemonnya yang berada di urutan pertama, dan sky battle di mana hanya Pokemon dengan tipe terbang (flying) atau kemampuan melayang (levitate) yang bisa berpartisipasi.

Sebuah tipe pokemon baru diperkenalkan, yakni tipe peri (fairy). Jika pada generasi sebelumnya tingkat kebahagiaan (happiness) hanya dipengaruhi makanan dan pertarungan, sekarang pemain dapat bermain-main dengan pokemon (seperti Nintendogs) untuk meningkatkan kebahagiaan mereka melalui fitur Pokemon-Amie.

Pada 7 Mei 2014, Nintendo mengumumkan untuk merilis versi remake dari Pokemon Ruby dan Sapphire dengan nama Pokemon Omega Ruby dan Alpha Sapphire pada 21 November 2014.

Pokemon G7

Pada 27 Februari 2016, dalam rangka perayaan 20 tahun Pokemon, Nintendo mengumumkan bahwa mereka akan merilis Pokemon Sun dan Moon yang akan dirilis pada akhir tahun 2016 dalam sembilan bahasa, yaitu Jepang, Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Korea dan untuk pertama kalinya, bahasa China.

Pokemon


Nintendo kemudian mengembangkan aplikasi game versi mobile Pokemon Go, yaitu game augmented reality di yang tersedia di Android dan iOS. Game ini menggunakan GPS, yang membawa pemain berjalan-jalan di dunia nyata menangkap monster virtual (avatar) yang menggemaskan, seperti Pikachu dan Jigglypuff, serta melatih mereka untuk bertanding.

Monster-monster lanjutan dari Pokemon G1 dimainkan menggunakan layanan lokasi dan kamera ponsel sehingga gamer seakan bisa menangkap Pokemon di dunia nyata. Ketika gamer berjalan, avatar di dalam game juga ikut berjalan.

Jika ada Pokemon dekat pengguna, maka ponsel akan bergetar dan Pokemon tersebut akan muncul di peta. Jika Anda menyentuhnya, aplikasi akan berubah ke mode kamera, di mana ada karakter Pokemon tiba-tiba muncul di depan.

Untuk menangkap Pokemon, dibutuhkan semacam bola yang dinamakan Pokeballs. Pokeballs ini bisa didapatkan dengan check in di Pokestops atau membelinya menggunakan koin, yang biasanya ada di lokasi, seperti taman, tempat ibadah, kantor dan sebagainya.

Hal yang membuat Pokemon Go banyak disukai karena game ini dapat dimainkan dengan mudah oleh siapa pun. Selain itu, bermain Pokemon Go seakan bernostalgia mengingat semasa kecil. Seru jika pemainan ini dimainkan bersama teman-teman sepermainan dulu. (Berbagai Sumber)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8796 seconds (0.1#10.140)