Buka IMOS 2016, Menperin Sebut Pentingnya Asosiasi Industri

Rabu, 02 November 2016 - 11:42 WIB
Buka IMOS 2016, Menperin Sebut Pentingnya Asosiasi Industri
Buka IMOS 2016, Menperin Sebut Pentingnya Asosiasi Industri
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan, asosiasi merupakan salah satu bagian penting dari industri. Keberadaannya dapat menjadi tempat diskusi dengan pemerintah.

(Baca: Indonesia Motorcycle Show 2016 Resmi Dibuka Menperin)

Airlangga menjelaskan, kebijakan yang dibuat pemerintah harus dapat disosialisasikan dengan baik ke pelaku usaha. Informasi tersebut bisa tersampaikan dengan baik jika ada asosiasi.

"Asosiasi berkumpul, aturan diskusikan di sektor keuangan, industri dengan pemerintahan. Antar pemerintah dengan swasta, pelaku industri beri masukan informasi dan teknologi terkini," ujarnya saat membuka Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/11/2016).

Salah satunya, pemerintah akan terus mendorong industri automotif di Tanah Air khususnya sepeda motor. Komponen industri motor 90% berasal konten lokal. "Akan dorong perkembangan industri nasional. Industri motor sudah dalam strukturnya di Indonesia, sudah lebih dari 90% konten lokal," kata dia.

Keberadaan sepeda motor, kata dia, membantu masyarakat dalam mobilitas sehari-hari. Sebab, keberadaan transportasi umum belum cukup memadai untuk menunjang aktivitas.

"Membuat mobilitas masyarakat di tengah transportasi belum maksimal. Jadi, alternatif motor ini per kapita tinggi, per STNK 90 juta dari 240 juta jiwa, sudah 1 banding 3. Kalau industri 1 banding 2 capai maturity, per tahun produksi 10-12 juta. Nah, itu industri ini capai puncaknya," pungkas Airlangga.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8042 seconds (0.1#10.140)