Ban Baik Bikin Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit

Kamis, 09 Februari 2017 - 16:08 WIB
Ban Baik Bikin Konsumsi...
Ban Baik Bikin Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit
A A A
JAKARTA - Ban menjadi salah satu fitur penting bagi kendaraan. Namun tidak hanya berfungsi sebagai penopang bobot kendaraan, ban yang baik ternyata turut mendorong konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Lalu bagaimana ciri ban yang bisa membantu konsumsi bahan bakar jadi lebih irit, khususnya pada kendaraan roda empat. Dalam hal ini Manajer Training PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop), Bambang Hermanuhadi mengungkapkan bila sebelumnya ban banyak menggunakan karbon, saat ini Dunlop buat ban yang silikanya lebih banyak, jadi compound sangat spesifik karena kaya dengan silika.

"Silika yang banyak pada sebuah compound akan menyebabkan compund itu lebih padat dari compound biasa. Dengan lebih padat maka ketika berputar, ban akan segera berputar ketika mesin hidup dan transmisi disambungkan," ujar Bambang, saat uji coba EC300+, baru-baru ini, di Bogor, Kamis (9/2/2017).

Dirinya menambahkan, sedangkan pada compound biasa yang kurang padat karetnya maka pada saat kendaraan dihidupkan, transmisi disambungkan ban tidak segera berputar jeda waktu itu yang menyebabkan hematnya konsumsi BBM.

Dunlop sendiri baru saja memperkenalkan menunjukkan bukti kehebatan produk unggulan mereka Dunlop Enasave EC300+. Akan hadir dengan ukuran yang berbeda, model terbaru dari EC300+ rencananya akan melenggang pada Maret mendatang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)