GIIAS 2017 di Makassar, Momentum Kebangkitan Industri Automotif

Rabu, 10 Mei 2017 - 12:51 WIB
GIIAS 2017 di Makassar, Momentum Kebangkitan Industri Automotif
GIIAS 2017 di Makassar, Momentum Kebangkitan Industri Automotif
A A A
MAKASSAR - Pameran automotif Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017 resmi dibuka di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pameran yang berlangsung pada 10 - 14 Mei 2017 ini menjadi momentum kebangkitan penjualan automotif di Indonesia Timur, khususnya Sulsel sebagai pintu gerbang.

Makassar merupakan kota pertama di gelarnya GIIAS, karena Gaikindo berkomitmen mendorong pertumbuhan industri automotif di Indonesia Timur bekerja sama dengan One Event.

Pameran ini banyak dimanfaatkan sejumlah dealer untuk memberikan down payment (DP) atau uang muka murah hingga tenor atau cicilan sampai 7 tahun lamanya.

Project Direktur One event, Yusuf Karim Ungsi mengatakan, GIIAS Makassar Auto Show 2017 mengusung konsep baru, First Class Auto Show. Di mana di wilayah Indonesia timur diposisikan sebagai rangkaian pameran automotif berkelas internasional GIIAS.

Pameran tahun ini memanfaatkan lahan seluas 6.350 meter persegi diikuti sebanyak 35 exhibitor, terdiri dari brand-brand mobil ternama dari agen pemegang merek (APM) yang menghadirkan berbagai produk dan teknologi terbaru mereka.

“Kami menargetkan 25.000 pengunjung dengan transaksi naik 5%. Di mana pada tahun lalu transaksi mencapai Rp347 miliar dengan penjualan sebanyak 1.353 unit. Apalagi, momentumnya tepat akan memasuki Ramadhan dan Lebaran,” ujarnya, Rabu (10/5/2017).

Sekretaris Gaikindo Sulsel, Edy Sumedi mengungkapkan, penjualan kendaraan di Sulsel dalam dua tahun ini mengalami kenaikan, yaitu pada 2014 menyumbang sekitar 2,5% terhadap nasional dan 2016 naik menjadi 3,6%. Untuk itu, pihaknya berharap dengan event GIIAS ini penjualan industri automotif bisa terdongkrak ditopang pertumbuhan ekonomi 7-7,5% menandakan pendapatan asli daerah meningkat.

"Penjualan di Sulsel sudah mulai terdongkrak menyumbang 3,6% dari nasional dan berada di urutan ketujuah penjualan nasional," jelasnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Sulsel, Ilyas Iskandar memaparkan, hadirnya GIIAS memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Sulsel, utamanya dari sektor pembayaran pajak kendaraan.

"GIIAS harus selalu didukung karena memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi, kalau perlu tahun depan semakin ditingkatkan lagi," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7468 seconds (0.1#10.140)