55% Operasi Plastik Dipicu Hidung Terlihat Membesar saat Selfie

Senin, 05 Maret 2018 - 14:43 WIB
55% Operasi Plastik Dipicu Hidung Terlihat Membesar saat Selfie
55% Operasi Plastik Dipicu Hidung Terlihat Membesar saat Selfie
A A A
JAKARTA - Swafoto alias selfie sudah menjadi kebiasan utama pemilik smartphone, kapan pun dan di mana pun. Sayangnya dibalik ketajaman jepretan kamera depan ternyata ada juga kelemahannya.

Salah satu kelemahan yang banyak dikeluhkan pengguna adalah hidung justru terlihat membesar dari aslinya. Tampilan itu umumnya muncul akibat masalah dari kamera depan smartphone.

Laman Phone Arena, Senin (5/2/2018), melaporkan adanya sebuah studi tentang pemakaian foto depan ponsel untuk keperluan selfie. Studi itu menemukan permasalahan bahwa lensa kamera yang lebih lebar dan kombinasi jarak jauh dapat meningkatkan ukuran hidung pengguna secara signifikan hingga 30%. Mengingat bidikan selfie rata-rata diambil dari jarak 30 cm.

Studi menjelaskan secara rinci bagaimana sebenarnya faktor-faktor tersebut memperbesar hidung Anda, bahkan termasuk skema prosesnya. Lucunya tampilan hidung yang membesar di swafoto ternyata sudah cukup menjadi alasan bagi banyak orang untuk melakukan tindakan bedah terhadap hidungnya itu.

"Orang muda terus-menerus mengambil diri untuk dikirim ke media sosial dan berpikir bahwa gambar itu mewakili penampilan mereka, yang dapat berdampak pada keadaan emosionalnya. Saya ingin mereka menyadari bahwa ketika mereka mengambil selfie, mereka pada dasarnya melihat ke cermin fun house portabel," kata Boris Paskhover, salah satu ahli bedah leher dan kepala yang terlibat dalam penelitian ini.

Anda mungkin tidak berpikir ini adalah masalah besar, tapi data mengatakan sebaliknya. Yakni 55% operasi plastik wajah pada 2017 terjadi karena pasien ingin terlihat lebih baik dalam selfie. Persentase ini lebih buruk karena tahun 2016 hanya 42%.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7861 seconds (0.1#10.140)
pixels