Teknologi ZF di Balapan Mobil Dunia

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:29 WIB
Teknologi ZF di Balapan...
Teknologi ZF di Balapan Mobil Dunia
A A A
ADU balap mobil Formula 1 merupakan ajang ketika teknologi automotif tertinggi saling adu canggih. Momen inilah yang dimanfaatkan oleh ZF untuk menunjukkan kecanggihan teknologi mereka.

Diketahui, hingga kini ZF memiliki kemitraan jangka panjang dengan tim balap mobil Formula 1, seperti Scuderia Ferrari, Red Bull Racing, Sauber, Toro Rosso, dan Haas. Semua tim tersebut menggunakan fitur peredam kejut atau kopling dari ZF.

Teknologi peredam kejut dan kopling dari ZF sangat bermanfaat karena setiap sirkuit balapan Formula 1 memiliki tikungan dan belokan yang sangat banyak.

Kondisi jalan yang tidak rata dan spot pengereman yang banyak dengan kecepatan rata-rata rendah di setiap tikungan, ditambah dengan kondisi cuaca yang panas dan lembap menandakan bahwa mobil balap harus dipersiapkan untuk melaju di luar batasnya.

Jika tidak, maka mobil pembalap akan berakhir dengan keluar jalur dan menabrak pembatas sirkuit. Apa yang membuat semua komponen itu begitu istimewa?

Teknologi yang mendukung mobil-mobil balap ini memungkinkan mereka untuk melaju sampai batas maksimum mereka berkat setiap komponen yang bekerja secara sinkron di bawah kap mesin. Mobil balap mulai dari Ferrari, Sauber, Force India, dan Haas dilengkapi dengan damper buatan ZF.

Semen tara mobil balap Red Bull dilengkapi dengan kopling buatan ZF. Kopling karbon F1 secara khusus dikembangkan sesuai dengan masing-masing kebutuhan pengemudi, memberikan kopling tipe tarik 97 mm yang dapat beroperasi untuk kecepatan hingga 22.000 rpm.
Torsi yang dapat ditransmisikan melebihi 800 Nm, bahan gesekan karbon untuk gerakan awal yang dioptimalkan, pegas diafragma dengan stabilitas termal serta rumah kopling dibuat dengan titanium berkekuatan tinggi.

Damper F1 adalah damper batangan yang terbuat dari titanium. Rumahnya yang terbuat dari aluminium berkekuatan tinggi dengan diameter piston tidak lebih dari 30 mm dan berat kurang dari 300 gram.

Untuk menempatkan semua komponen itu dalam perspektif, maka setiap spesifikasi dalam produk akan bekerja bersama-sama untuk memberikan performa level tertinggi dan memastikan keamanan maksimum di setiap balapan. Untuk mencapai level presisi teknologi ini, dedikasi adalah kuncinya.

ZF telah menjadi pendukung olahraga balap mobil selama bertahuntahun yang menawarkan produk dengan hubungan dan opsi instalasi yang sangat baik, fungsi optimal dan masa pakai yang lama-dirancang sempurna untuk penerapan pada batas teknis.

ADAC GT Masters, dan seri balap internasional lainnya seperti Super GT dan IMSA SportsCar Championship, peralatan transmisi ZF berkontribusi untuk mencapai awal yang menentukan.

Pengetahuan luas yang diperoleh di trek balap terberat di dunia juga telah dimasukkan ke dalam pengembangan produk yang ditawarkan oleh ZF Aftermarket di bawah merek produk Lemforder, Sachs, dan TRW.

Dedikasi ZF semakin luas tidak hanya membuat komponen mobil yang berkualitas, tetapi juga menawarkan layanan di tempat (ZF Race Engineering) untuk memastikan layanan yang komprehensif di trek balap.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0839 seconds (0.1#10.140)