Ini Penghasilan yang Diterima CEO Alphabet Sekaligus CEO Google

Senin, 23 Desember 2019 - 18:06 WIB
Ini Penghasilan yang Diterima CEO Alphabet Sekaligus CEO Google
Ini Penghasilan yang Diterima CEO Alphabet Sekaligus CEO Google
A A A
MOUNTAIN VIEW - Awal Desember lalu, pemimpin Alphabet, Larry Page, menyerahkan kendali perusahaannya kepada CEO Google, Sundar Pichai. Dengan begitu, Pichai kini menduduki dua puncak kepemimpinan perusahaan besar.

Alphabet sebagai perusahaan induk Google adalah raksasa teknologi dunia. Menurut laporan keuangan perusahaan, yang dikutip dari The Verge, Senin (23/12/2019), Pichai akan menerima gaji tahunan sebesar USD2 juta dolar atau sekitar Rp27,9 miliar pada 2020.

Angka tersebut belum termasuk paket saham yang diberikan kepada Pichai, sebesar USD240 juta atau sekitar Rp3,3 triliun, yang akan dibayarkan dalam kurun waktu selama tiga tahun.

Sejak menjabat sebagai CEO Google pada 2015, Pichai sudah menjadi salah satu direksi yang mendapat gaji tertinggi. Tahun lalu, dia sudah mengantongi penghasilan USD1,8 juta atau sekitar Rp25,1 miliar per tahun.

Sebelumnya, Pichai juga pernah menerima gaji USD650 ribu atau sekitar Rp9 miliar per tahun. Kenaikkan gaji yang akan didapat Pichai memang terbilang sangat fantastis.

Tidak hanya sampai di situ, Pichai juga berkesempatan mendapat penghasilan tambahan sebesar USD90 juta atau sekitar Rp1,2 miliar dari saham Alphabet yang tertunda terkait dengan Indeks S & P100.

Selama satu dekade terakhir, Pichai telah mendapat banyak hibah saham. Terakhir, dia menerima hibahan saham pada 2016. Karena sudah menghasilkan banyak dolar, Pichai menolak hibah saham yang akan diberikan pada tahun lalu.

Kendati telah mendapatkan begitu banyak penghasilan, kekayaan bersih Pichai belum seberapa jika dibandingkan Larry Page dan Sergey Brin. Kedua pendiri Google itu memiliki sekitar 6% saham Alphabet. Keduanyan memiliki kekayaan bersih masing-masing sebesar USD65 miliar dan USD63 miliar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8087 seconds (0.1#10.140)