Detail CX-30 SUV Terbaru Mazda

Minggu, 01 Maret 2020 - 11:51 WIB
Detail CX-30 SUV Terbaru Mazda
Detail CX-30 SUV Terbaru Mazda
A A A
WUHAN - Salah satu kendaraan yang bisa membuat tingkat kepercayaan diri meningkat saat menggunakannya adalah mobil. Kendaraan beroda empat ini secara ukuran lebih besar daripada sepeda motor dan pastinya juga mampu menampung lebih banyak penumpang.

Nah, di zaman modern seperti sekarang ini merek mobil juga semakin banyak bermunculan, satunya mobil Mazda CX-30 ini. Perlu diketahui, mobil yang berasal dari Jepang ini telah diluncurkan pada akhir 2019 lalu. Walaupun baru dirilis, mobil SUV yang awalnya akan diberi nama CX-4 sudah siap mengisi celah antara Mazda CX-3 dan CX-5.

Sebagai mobil keluaran terbaru, pastinya produsen Mazda ini juga sudah melengkapinya dengan berbagai fitur canggih sehingga harga yang ditawarkan pun juga cukup mahal. Sementara untuk pasarannya sendiri, mobil ini ditujukan untuk konsumen yang masih lajang maupun yang akan memulai hidup baru. Dengan harga yang mencapai setengah miliar i, kira-kira apa saja yang disematkan pada mobil ini? Nah, untuk mengetahui jawabannya langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi dan Fitur di Mobil Mazda CX-30

Bagian Depan Mobil

Pada bagian eksterior depannya, Mazda ternyata masih setia menggunakan desain KODO yang mana sudah diperkenalkan sejak 2010. Nah, untuk desainnya kali ini produsen Mazda membuat mobil ini tampil lebih berani namun tetap elegan dengan membuat kombinasi antara gril berukuran besar dan lis berwarna silver di bagian bawah yang menyambung dengan lampu utama. Bagian penerangannya pun lebih baik karena menggunakan lampu pipih dan juga sudah menggunakan LED dengan teknologi projector yang membuat berkendara lebih baik walaupun saat malam hari. Desain mobil ini dibuat lebih tajam dengan bumper yang lebih solid dan lekukan yang membuat mobil ini terlihat lebih dinamis.

Bagian Samping Mobil

Beralih ke bagian sampingnya, jika bagian depan membuat mobil ini terlihat seperti sedan maka desain sampingnya lebih memperlihatkan kesan SUV. Pilar D-nya yang tak terlalu lebar dan berlekuk ini juga membuatnya aura coupenya lebih terasa. Untuk ukurannya sendiri, mobil ini memiliki panjang 4.395 mm dengan ketinggian 1.540mm. Dengan ukuran tersebut, Mazda ini terlihat lebih padat dan aura SUV-nya lebih terlihat karena adanya warna hitam yang mengelilingi mobil mulai dari bumper depan yang menyambung ke fender hingga ke belakang. Fendernya yang berlekuk ini juga membuat mobil yang satu ini terlihat lebih kuat dan bagian lis krom yang memanjang dari ujung jendela depan hingga ke pilar D membuat mobil ini juga terlihat mewah.

Bagian Belakang Mobil

Sementara di bagian belakangnya, di pilar C terlihat menyempit dengan atap belakang yang dibuat tegak. Lampu belakangnya yang sudah menggunakan teknologi LED juga membuat mobil ini terlihat cukup keren. Nah, untuk bagian kaca belakangnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, namun tetap pas digunakan untuk melihat kondisi belakang. Pada bagian kanan dan kiri pintu bagasi terdapat aksen tambahan berupa lekukan tipis dan di samping bumper juga terdapat reflektor pipih yang sejajar dengan dua knalpot. Nah, ternyata knalpot yang berkelir di mobil ini juga menjadi nilai tambah untuk membuat mobil ini terlihat lebih mewah.

Dashboard

Di bagian ini dasbor Mazda CX-30 memiliki desain yang mirip dengan Mazda 3 model terbaru. Namun, ternyata tetap terdapat perbedaan di sini yaitu di bagian atas dashboard Mazda CX-30 ini terdapat bantal berwarna cokelat yang menyambung hingga ke door trim pintu depan. Bagian head unitnya yang berukuran 8,8 inci didesain mencuat di tengah dashboard sehingga terkesan futuristik.

Setir

Nah, setir di mobil Mazda didesain palang tiga sehingga memberikan kesan sporty dengan tambahan garis tegas di bagian kanan dan kiri. Pada bagian bawahnya terdapat lis berkelir warna silver yang mana kedua palangnya terdapat beberapa tombol dengan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa tombol tersebut digunakan untuk mengatur volume speaker, mengganti tampilan MID, dan beberapa fitur untuk berkendara lainnya seperti cruise control. Pada bagian joknya, mobil ini menggunakan lapisan berwarna putih untuk memberikan kesan eksklusif dan mewah. Walaupun belum diketahui jenis bahan apa yang digunakan, namun jika dilihat dari pendahulunya CX-3 dan CX-5, sepertinya CX-30 ini juga menggunakan lapisan kulit untuk joknya.

Berbagai Fitur yang Terdapat di Mobil Mazda CX-30

Fitur berkendara i-Activ AWD

Mobil produksi Jepang ini dikenal sebagai mobil dengan fitur yang berlimpah dan untuk mobil ini di bagian fitur berkendaranya sudah dilengkapi dengan i-Activ AWD yang mampu mendeteksi beban vertikal di keempat rodanya. Hal ini bertujuan untuk mengatur penyebaran torsi di roda depan maupun belakang. Nah, hasilnya traksi bisa meningkat dan cengkeraman ban pun akan lebih maksimal.

G-Vectoring Control Plus

Masih ada satu lagi fitur lain di mobil ini yaitu G-Vectoring Control Plus yang mampu membuat kendaraan melaju dengan mulus dan konsumsi bahan bakar pun semakin awet. Selain itu, dengan adanya fitur ini mobil akan mampu mengatur keseimbangan ketika pengemudi melakukan manuver secara mendadak. Pastinya Anda akan sangat terbantu dengan fitur-fitur ini dan perjalanan Anda juga akan lancar.

Fitur keselamatan

Produsen mobil ini juga memperhatikan bagian fitur keselamatan dengan menyematkan fitur Activsense. Nah, di dalam fitur ini terdapat Mazda Driver Monitoring yang berfungsi untuk mengamati kondisi pengemudi dan menentukan tingkat kantuk dan juga kelelahan pengemudi. Dengan berbekal kamera infrared, Mazda Driver ini akan mengamati mulai dari seberapa lebar mata pengemudi terbuka, berapa kali mata pengemudi berkedip hingga melihat sudut mulut dan wajah untuk menentukan tingkat kantuk dan lelah pengemudi.

Fitur keselamatan pasif

Nah, ternyata selain membekali fitur keselamatan dengan teknologi canggih, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan pasif yang berasal dari penyusun mobilnya. Beberapa fitur keselamatan pasif ini seperti rangka yang terbuat dari 30 persen baja dengan kekuatan tinggi dan pastinya lebih aman.

Kemudian di bagian pilar B yang di klaim bahwa sisi kekuatan dan tingginya mampu menahan benturan secara efektif serta di bagian lutut pengemudi terdapat airbag yang mampu mengurangi cedera pada dada, perut, dan kaki pengemudi.
Pada bagian mesinnya, mobil ini tersedia dalam 2 pilihan yaitu menggunakan diesel dan bensin. Pada Compact SUV akan menggunakan mesin generasi terakhir Skyactiv-X dengan teknologi SPCCI. Di bagian kapasitas mesinnya, menggunakan mesin 2000cc dan dikombinasikan dengan percepatan manual 6 tingkat atau otomatis. Selanjutnya di bagian mesin bensin juga terdapat pembaharuan berupa sistem hybrid baru yang dengan menggunakan penggerak listrik. Nah, sistem hybrid ini akan menggunakan baterai jenis Lithium-ion 24V 600kj.

Untuk membuat mobil kesayangan Anda ini lebih keren dan bersih, Anda juga bisa menambahkan beberapa spare part atau aksesoris. Beberapa perlengkapan ini diantaranya, mantel cover mobil anti air yang bisa melindungi mobil Anda dari kotoran, debu, maupun air atau cover side door mirror carbon untuk melindungi kaca spion mobil. Atau bisa membeli pelindung untuk back lamp cover untuk melindungi bagian lampu mobil di belakang dan masih banyak lagi.

Tips Memilih Online Shop Untuk Membeli Mobil

Cari online shop yang tepat

Sebelum membeli apapun di online shop hal pertama yang harus dipikirkan adalah memastikan bahwa online shop tersebut terpercaya. Hal ini sangat penting agar Anda bisa terhindar dari penipuan yang saat ini marak terjadi. Lalu, bagaimana cara untuk memastikan bahwa online shop ini terpercaya? Caranya adalah dengan menyaring beberapa online shop kemudian mengerucutkan pilihan pada 2 online shop lalu bandingkan harganya dan pilihlah harga terbaik yang sesuai dengan bujet Anda.

Pastikan dulu informasi mengenai penjualnya

Seperti saat membeli mobil di dealer, pastinya yang pertama dipastikan adalah mencari dealer terpercaya. Nah, hal ini juga harus Anda terapkan saat membeli mobil di online shop. Setelah melewati cara pertama dengan menyeleksi online shop, kini Anda bisa menyeleksi penjualnya. Harus memastikan penjualnya tidak memiliki reputasi buruk atau tersangkut kasus. Setelah memastikan jika reputasi penjualnya bagus, Anda bisa mencari kontak penjualnya.

Lakukan negosiasi harga

Saat bertransaksi secara online, ini berarti bahwa Anda juga bisa melakukan negosiasi secara online. Nah, biasanya terdapat beberapa online shop yang tidak mencantumkan harga barangnya sehingga ini bisa dijadikan kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Kunjungi dealer atau broker mobilnya

Setelah menemukan mobil yang sesuai dengan keinginan Anda, langkah selanjutnya adalah mengunjungi broker atau dealer mobilnya. Anda bisa melakukan janji temu secara online untuk memeriksa keadaan mobilnya. Saat sudah bertemu, hal yang harus Anda periksa dari mobil tersebut mulai dari kondisi mobilnya. Pastikan bahwa body mobil tersebut tidak lecet atau pastikan adakah komponen mobil yang palsu atau sudah diubah. Setelah itu, pastikan tahun pembuatannya karena semakin lama pembuatannya maka harga mobilnya pun semakin turun.

Komponen yang harus dicek selanjutnya adalah odometer di. Odometer ini merupakan pengukur seberapa jauh mobil sudah dipakai oleh pemiliknya. Jika odometer menunjukkan angka yang tinggi, itu artinya mobil tersebut juga sudah digunakan dalam waktu yang lama.

Minta bantuan pihak ketiga

Bantuan pihak ketiga ini dibutuhkan jika masih awam dengan keadaan mobil Mazda CX-30. Harus meminta bantuan orang yang benar-benar paham akan keadaan mobil misalnya montir atau mekanik. Namun, jika tidak bisa memiliki kenalan mekanik atau montir, ada beberapa situs jual beli online yang sudah menyediakannya.

Poin penting lainnya, harus memastikan bahwa dokumen mobil tersebut lengkap dan juga legal. Pastikan bahwa apa yang tertulis di dokumen sesuai dengan kondisi fisik mobilnya. Juga bisa memeriksanya langsung ke kepolisian untuk memastikan rekam jejak mobil tersebut, apakah pernah terkena kasus atau tidak.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8335 seconds (0.1#10.140)