Daimler akuisisi Evonik Industries AG

Rabu, 02 April 2014 - 17:05 WIB
Daimler akuisisi Evonik Industries AG
Daimler akuisisi Evonik Industries AG
A A A
Sindonews.com - Daimler AG akan mengakuisisi Evonik Industries AG untuk mendapat sumber daya baterai lithium. Seperti diketahui, baterai lithium merupakan faktor krusial yang menjadi basis dari sebuah kendaraan listrik.

Dilansir dari The Wall Street Transcript, Rabu (2/4/2014), Daimler akan mengakuisisi seluruh saham yang dimiliki Evonik di Li-Tec Baterai GmbH sebesar 50,1 persen dan Deutsche Accumotive GmbH & Co KG sebesar 10 persen. Akuisisi ini akan membuat Daimler menjadi pemilik tunggal kedua perusahaan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Daimler dan Evonik telah bersama-sama mengembangkan industri produksi seri sel baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik di wilayah Kamenz, Jerman.

"Perjanjian tersebut menciptakan peluang bagi Jerman sebagai lokasi industri internasional untuk mewujudkan mobil listrik menjadi sistem penggerak masa depan. Dengan cara ini, Evonik dan Daimler telah menemukan solusi baik," kata Kepala Pengembangan Perusahaan Evonik Industries, Thomas Hermann.

Harald Kroger, selaku kepala pengembangan mobil listrik Mercedes Benz menjelaskan, dengan perjanjian akuisisi tersebut Daimler kini memiliki dua komponen paling penting dalam pembuatan baterai.

"Kami sekarang memiliki dua komponen yang paling penting. Tidak hanya keahlian dalam mobilitas listrik, tetapi juga situs di Kamenz dan Kirchheim/Teck," ujarnya.

Li-Tec Baterai GmbH yang bermarkas di Kamenz, Jerman, mempekerjakan sekitar 380 karyawan untuk mengembangkan, memproduksi dan mendistribusikan sel baterai lithium-ion.

Baterai produksi mereka telah dipakai pada mobil listrik Fortwo. Di mana Fortwo adalah pemimpin pasar di antara mobil listrik di Jerman pada 2013, dengan pangsa pasar sekitar 30 persen.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8777 seconds (0.1#10.140)