BMW pakai lampu laser di ajang balap mobil

Senin, 07 April 2014 - 17:38 WIB
BMW pakai lampu laser di ajang balap mobil
BMW pakai lampu laser di ajang balap mobil
A A A
Sindonews.com - Setelah menjadi pabrikan pertama yang membawa lampu laser ke mobil produksi masal. BMW akan menerapkan teknologi tersebut ke varian Z4 GT3 untuk bersaing di ajang balap 24 jam di sirkuit Nurburgring, Jerman.

Keputusan memakai lampu laser dirasa tepat oleh BMW, lantaran teknologi ini akan membuat visibilitas pebalap di malam hari jadi lebih mudah. Rencananya BMW akan membawa empat mobil untuk mengikuti ajang balap ini. Keempat mobil BMW Z4 GT3 itu nantinya akan dibesut oleh BMW Sports Trophy Team Schubert dan BMW Sports Trophy Team Marc VDS.

"Bukan suatu kebetulan, ini pertama kali kita menggunakan teknologi sinar laser baru dalam perlombaan di Nurburgring Nordschleife," kata Direktur Motorsport BMW, Jens Marquardt yang dilansir Autoevolution, Senin (7/4/2014).

BMW menilai balapan di Nurburgring merupakan uji laboratorium bagi pengembangan teknologi mobil BMW kelak. Tak heran sirkuit ini digunakan sebagai parameter pencapaian terbaru BMW, dalam hal ini tentunya penerapan lampu laser di dalam arena balap.

"Untuk alasan tersebut, saya senang kami sekarang bisa mencapai tonggak lain di sana (Nurburgring) yang menggunakan sinar laser pertamana di sebuah acara balap. Lampu ini sangat efisien, dan merupakan faktor keamanan penting terutama pada perlombaan balap 24 jam di Nordschleife," tambahnya.

Bila dibandingkan dengan lampu xenon yang digunakan pada Z4 saat ini, lampu laser punya tingkat keterangan ekstra sebanyak 40 persen. Selain itu, berat yang lebih ringan dan pemanfaatan energi yang lebih sedikit, membuat lampu laser menjadi sebuah kebutuhan yang luar biasa penting di arena balap.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8060 seconds (0.1#10.140)