Pasar komponen otomotif domestik makin bergairah

Kamis, 15 Mei 2014 - 13:24 WIB
Pasar komponen otomotif domestik makin bergairah
Pasar komponen otomotif domestik makin bergairah
A A A
Sindonews.com - Pesatnya penjualan otomotif di pasar dalam negeri dalam beberapa tahun terakhir, ikut mendongkrak pertumbuhan industri komponen otomotif nasional.

Koperasi Industri Komponen Otomtif (KIKO) Indonesia memprediksikan pasar komponen otomotif domestik, khususnya mobil pada tahun ini akan melampaui realisasi omzet penjualan 2013 sebesar Rp1,4 triliun.

"Dengan penjualan mobil sebesar 1,1 juta unit pada 2013, omzet industri komponennya bisa menyentuh angka Rp1,4 triliun, tahun ini mungkin lebih," kata Ketua KIKO Indonesia, M Kosasih dalam rilisnya, Kamis (15/5/2014).

Menurutnya, salah satu faktor yang ikut mendorong pertumbuhan industri komponen otomotif dalam negeri adalah banyaknya investasi baru di sektor industri otomotif nasional. Hal tersebut tidak lepas dari adanya program Low Cost Green Car (LCGC) yang dijalankan pemerintah.

"Tercatat 90 persen anggota kami saat ini telah menjadi pemasok komponen ke sejumlah Agen Pemegang Merek (APM). Selama diberi peluang dan kesempatan untuk mengerjakan itu, saya kira IKM mampu," jelas Kosasih.

Meski demikian, dia mengakui, masih ada sejumlah komponen seperti halnya alat pengikat (fastener) yang hingga kini pasarnya masih dikuasai produk-produk impor.

"Industri penunjang otomotif perlu dikembangkan karena permintaan mobil setiap tahun terus mengalami peningkatan. Produk fastener dibutuhkan industri komponen sebagai penghubungnya dan kebutuhan fastener dalam satu produk mencapai 10-15 persen dari mobil," ungkapnya.

Kosasih mengatakan, bahan baku produk fastener sendiri sebagian besar masih diimpor dari Jepang, Korea, dan Tiongkok. "Jika industri fastener ingin berkembang, bahan baku harus dipenuhi dari dalam negeri. Selama ini, 60 persen bahan baku masih diimpor dari Jepang, Korea maupun Tiongkok," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3201 seconds (0.1#10.140)