Penjualan Kendaraan Bermotor Jelang Ramadan Naik 20%

Rabu, 04 Juni 2014 - 18:12 WIB
Penjualan Kendaraan Bermotor Jelang Ramadan Naik 20%
Penjualan Kendaraan Bermotor Jelang Ramadan Naik 20%
A A A
SEMARANG - Menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri merupakan puncaknya penjualan kendaraan bermotor. Penjualan diprediksi mampu mengalami kenaikan hingga 20% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Chief PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturiang (YIMM) DDS 3 Semarang Achmad Ichsan Nulhakim mengatakan, kenaikan penjualan pada saat menjelang Lebaran sudah menjadi tren setiap tahun.

"Setiap menjelang Lebaran merupakan puncak penjualan Lebaran, kenaikannya bisa mencapai 20%," katanya di sela-sela peluncuran program Miliyarder Yamaha, Rabu (4/6/2014).

Menurutnya, Yamaha sudah mengantisipasi adanya kenaikan permintaan dengan menambah stok pada setiap dealer penjualan. Stok akan terus ditambah tergatung tingginya permintaan. "Stok akan ditambah sesuai kondisi pasar," ujarnya.

Dia mengaku, sepeda motor matic masih mendominasi penjualan. Berkaca pada 2013, penjualan matic mampu memberikan sumbangan 60% dari total penjualan Yamaha di Jateng, disusul motor bebek dan sport.

Untuk terus menggenjot penjualan produk Yamaha di Jawa Tengah, menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini PT YIMM menggelar program Miliyarder Yamaha dengan hadiah utama Rp1 miliar untuk satu orang pemenang.

Manager Promosi PT YIMM DDS3 Semarang, Rey Wowor mengatakan, selain hadiah utama juga ada ratusan juta rupiah, hadiah Umroh, dan 400 ribu hadiah langsung untuk setiap pembelian produk Yamaha.

Khusus untuk hadiah utama hanya bisa diikuti pembelian cash dan kredit dengan DP di atas Rp3 juta. "Program ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun PT YIMM ke-40 tahun, dan tentu diharapkan bisa mendongkrak penjualan sebanyak-banyaknya," kata dia.

Program tersebut, lanjut Rey, hanya berlaku untuk pembelian sepeda motor Yamaha periode Juni dan Juli 2014. Undian akan diundi pada Agustus. "Semua pelanggan cukup mengakses link www.MiliyarderYamaha.com lalu mengetik nomer rangka sepeda motor pada kolom yang disediakan," imbuhnya.

Terpisah, Direktur Pemasaran Nasmoco Group sebagai Dealer Resmi Toyota di Jateng Hartono Dinata juga memperkirakan menjelang Lebaran penjualan mobil terutama Toyota bakal mengalami kenaikan hingga 10%.

Dia mengaku, dari Januari hingga April penjualan sudah mencapai 9.300 unit, hingga akhir tahun ini Nasmoco optimis penjualan Toyota Jateng-DIY bisa mencapai 31 ribu unit. "Memang saat menjelang Lebaran dan akhir tahun menjadi puncaknya penjualan," katanya.

Sejauh ini untuk penjualan mobil Toyota masih didominasi oleh Avanza hingga 60%, Agya 20-30%, sisanya Innova, Rush, dan Etios.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0123 seconds (0.1#10.140)