Proyek Ambisius Audi Manfaatkan Listrik dari Suspensi

Kamis, 26 Juni 2014 - 20:45 WIB
Proyek Ambisius Audi Manfaatkan Listrik dari Suspensi
Proyek Ambisius Audi Manfaatkan Listrik dari Suspensi
A A A
STUTTGART - Audi sedang mengerjakan proyek ambisius, menghasilkan listrik melalui gerakan komponen suspensi. Insinyur Audi melihat peredam di sistem suspensi saat ini sebagai komponen yang boros. Karena sejumlah energi dalam bentuk panas akan hilang di udara atau oleh minyak yang dipaksa mesuk melalui katup dan lubang.

"Ketika suspensi bekerja keras selama melewati jalan bergelombang, suhu sebuah peredam akan mencapai 100-125 derajat. Energi panas ini terbuang sia-sia ke atmosfer," kata kepala penelitian dan pengembangan Audi, Dr Ulrich Hackenberg, dilansir dari Autoexpress, Kamis (26/6/2014).

Para eksekutif Audi kemudian mengusulkan mengganti damper dengan generator. Konsep yang dipinjam dari rem regeneratif, dimana memanfaatkan gaya magnet untuk menghasilkan listrik lewat gesekan. Sebagai bonus, generator juga bisa berfungsi sebagai motor atau elektromagnet yang secara aktif mengontrol tuning damper.

Meski terobosan ini luar biasa, konsep suspensi elektromagnetik sebetulnya bukan ide baru. Walaupun Amar Bose, sang pelopor malah memperoleh ketenarannya untuk peralatan audio daripada merevolusi industri automotif.

Bose mulai bekerja dengan motor elektromagnetik linier lebih dari tiga dekade lalu. Membayangkan bagaimana suspensi elektronik yang dikendalikan komputer dapat menghilangkan body roll dan membawa perubahan kualitas yang signifikan.

Ditempat lain, perusahaan teknologi Belanda SKF dan peneliti di Eindhoven University of Technology juga telah mengembangkan sistem suspensi elektromagnetik, mirip dengan ide Bose tetapi dengan fokus pada sisi pembangkit listrik. Mereka berhasil menerapkan teknologi ini, namun gagal membawanya ke pasar.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0616 seconds (0.1#10.140)